4 Cara Membuat Kandang Ayam Layer yang Ideal

Cara Membuat Kandang Ayam
Cara Membuat Kandang Ayam

Kandang ayam layer berperan penting dalam produktivitas. Sebelum membeli bibit ayam petelur sangat disarankan bagi Anda untuk memikirkan bagaimana cara membuat kandang yang baik dan benar. Setiap jenis ayam memiliki kandang idealnya masing-masing, tidak bisa semua jenis ayam tersebut disamakan jenis kandangnya. Misalnya saja adalah kandang ideal ayam kampung tidak akan ideal untuk ayam layer.  Kandang yang ideal untuk ayam layer adalah yang memiliki sangkar segi empat dimana bentuknya memanjang dan bisa bertingkat minimal dua tingkat. Dalam setiap sangkar atau kandang bisa Anda berikan satu ekor atau dua. Berikut ini adalah beberapa cara membuat kandang ayam layer yang ideal:

Baca juga : 3 Cara Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Ayam Layer Berdasarkan Periode

Bahan Kandang

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan kandang ayam layer adalah bahan kandangnya. Untuk bahan pembuatan kandang ini bisa Anda sesuaikan dengan budget. Kandang yang bagus terbuat dari kawat yang kokoh. Jika Anda memiliki budget yang terbatas, sebaiknya Anda bisa menggunakan bahan dari bambu sebab harganya yang lebih murah. Sayangnya untuk keawetannya jauh awet kandang yang terbuat dari bahan kawat. Siapa pun bisa membuat kandang dari bambu ini namun untuk yang terbuat dari kawat diperlukan orang yang ahli atau sudah terbiasa dalam membuat kandang.

Luas Kandang

Kandang ayam dari bambu maupun kawat yang harus Anda perhatikan adalah ukurannya. Semakin banyak bibit ayam yang Anda pelihara maka kandang yang dibuat harus semakin luas. Salah ukuran bisa membuat ayam Anda menjadi berdesakan dan kekurangan oksigen. Untuk alas kandang ayam Anda bisa membuatnya renggang yang mana kotoran dan telur bisa jatuh ke bawah dengan aman, alas juga harus dibuat miring agar mudah jatuh ke bawah. Buatlah kandang memanjang yang mana terdiri sekat-sekat untuk membuat ayam terpisah satu dengan yang lainnya. Semakin banyak jumlah bibit yang akan Anda pelihara nantinya kandang yang dibuat harus semakin panjang. Agar nyaman Anda harus membuat kandang ayam menjadi banyak ventilasi baik itu di bagian belakang, atas dan depan.

Baca juga : 3 Tips Pemberian Nutrisi Ayam Layer yang Tepat

Tempat Makan dan Minum

Yang berbeda dari kandang ayam layer ini adalah Anda harus memperhatikan tempat makan dan minumnya. Jika ayam broiler dan kampung tempat makan dan minumnya terpisah berbeda dengan ayam layer. Tempat makan dan minum ayam layer ini harus bertingkat yang mana tempat makan berada di bawah sedangkan untuk tempat minum berada di atas.  Pembuatan tempat makan dan minum ayam ini bisa menggunakan kayu atau dari pipa. Bagi Anda yang pemula, bisa membuatnya dari pipa sebab bentuknya sudah melengkung sehingga mudah dibentuk, selain itu mudah di dapat. Perhatikan pula pipa tersebut jangan sampai bocor sebab jika bocor ayam akan menjadi kehausan karena tempat airnya bocor dan minuman mudah habis.

Kandang Bertingkat

Cara membuat kandang ayam yang penting untuk Anda ketahui adalah posisi penempatan kandang tersebut. Karena satu kandang hanya bisa ditempati satu sampai dua ekor ayam maka Anda membutuhkan kandang yang bertingkat.  Posisinya adalah jangan di atas kandang pas namun dengan posisi sedikit bergeser ke samping. Tujuannya adalah agar kandang yang di bawahnya tetap memiliki ventilasi dan kandang ayam dibuat bertingkat tidak lebih dari tiga tingkat. Kandang yang terlalu tinggi akan membuat kontrol ayam menjadi kesulitan.

Baca juga : 3 Tips Pemberian Pakan Ayam Agar Tercukupi Nutrisinya

Salah satu hal penting dalam meningkatkan produktivitas ayam adalah pembuatan kandang yang mana harus dibuat se ideal mungkin dan se efektif mungkin. Kandang yang salah akan membuat ayam menjadi tidak nyaman dan stres sehingga tidak bisa produktif. Lakukanlah pembuatan kandang ayam layer seperti yang sudah disebutkan diatas agar bisnis peternakan ayam Anda menjadi lebih produktif dan menghasilkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *