Cara Ternak Ayam Potong Mempengaruhi Hasil Ternak

cara ternak ayam potong
Ternak Ayam Potong

Anda pasti sudah mengetahui bahwa cara ternak ayam potong sangat mempengaruhi hasil ternak, seperti kualitas dan mutu daging ayam. Ternak ayam yang baik akan menghasilkan daging ayam potong yang berkualitas, bermutu, sehat, dan segar. Menghasilkan daging ayam potong yang berkualitas, bermutu, sehat, dan segar dipengaruhi oleh cara ternak ayam potong itu sendiri seperti kebersihan kandang, kualitas pakan ternak, serta pencegahan terjangkitnya penyakit dengan memberikan vaksin dan vitamin kepada ayam ternak.

Agar memperoleh daging ayam yang berkualitas dan bermutu tinggi, cara ternak ayam potong sangat berpengaruh. Hal inilah yang membuat para peternak terus menambah ilmu pengetahuan mereka seputar ternak ayam dan permasalahannya. Cara ternak ayam potong ini akan sangat mempengaruhi hasil ternak karena tujuan akhir budidaya ayam broiler komersial adalah ayam yang tumbuh sehat dan potensi genetik mencapai standar yang sesuai dengan jenis ayam yang dipelihara. Parameter yang sering digunakan untuk mengetahui apakah potensi genetik ayam ternak bagus atau tidak adalah dengan melihat apakah ayam tersebut bebas dari penyakit, memiliki tingkat kematian yang rendah, rata-rata pertambahan berat badan harian sesuai dengan standar yang ada, konversi pakan ternak tinggi, serta bentuk tubuh ternak yang sempurna.

Peternak yang baik adalah peternak yang selalu memikirkan cara ternak ayam potong yang baik dan sesuai dengan standar agar dapat menghasilkan ternak ayam yang berkualitas. Cara ternak ayam potong yang baik adalah dengan selalu memperhatikan kualitas pakan ternak yang akan diberikan, kondisi kandang ayam yang sesuai dengan standar, sanitasi kandang yang baik, pemberian vaksin dan vitamin pada ternak, serta bagaimana cara pengendalian penyakit yang dapat menjangkiti ayam ternak.

Baca juga : Peluang Bisnis Ternak Ayam Yang Menguntungkan

Peternak yang menggunakan cara ternak ayam potong yang baik akan menghasilkan ayam ternak atau ayam potong yang sehat. Ayam potong atau ayam broiler yang sehat pada umumnya memiliki ciri-ciri seperti memiliki nafsu makan dan minum yang baik, terlihat aktif dan gerakan ayam selama diternak cenderung lincah, mata dan muka ayam terlihat cerah dan tidak mengantuk, dan berdiri tegak dengan kaki yang kokoh dan bentuk tubuh yang proporsional. Selain beberapa ciri yang telah disebutkan, ayam ternak yang sehat memiliki bulu yang cerah berminyak, tidak kusam, dan tidak berdiri. Tak hanya itu, cara ternak ayam potong yang benar akan menghasilkan ayam ternak yang sehat dengan sayap tidak jatuh, posisi kepala selalu terangkat dengan baik, tidak mudah terserang penyakit, anus yang bersih (tidak adanya kotoran yang menempel), serta memiliki berat badan yang standar sesuai usia ayam.

Dengan cara ternak ayam potong yang baik, peternak akan mendapatkan hasil daging ayam potong atau broiler yang berkualitas dan bermutu tinggi. Kualitas dan mutu daging ayam potong ini dapat dilihat dari keadaan daging potong yang padat, yang dapat terlihat dari tebalnya daging yang ada pada paha, betis, sayap, dan dada. Besarnya ukuran daging pada dada ayam potong atau broiler adalah dengan mengukur panjang tulang dada. Kualitas daging ayam potong juga nampak dari kondisi kulit ayam. Kulit ayam yang berkualitas dan bermutu tinggi haruslah utuh, tidak memiliki memar, tidak sobek, atau memiliki banyak goresan. Warna kulit ayam yang baik adalah berwarna putih agak kekuningan dan kulit benar-benar terbebas dari bulu-bulu jarum atau mikroba yang dapat bersarang di dalam bulu-bulu tersebut.

Baca Juga : Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Karkas Ayam untuk Dikonsumsi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *