Ingin Ternak ayam bangkok sukses? Simak 6 Caranya yang Benar Di Sini!

ternak ayam bangkok

Ayam bangkok diternakkan tidak untuk diambil dagingnya namun untuk dijadikan ayam petarung yang hebat. Untuk bisa membuat ayam bangkok memiliki kualitas unggul tidak muncul begitu saja, namun harus dilakukan beberapa tips dan trik supaya ayam bangkok tersebut menjadi seperti yang diharapkan. Selain itu bisnis ayam bangkok ini potensial atau menggiurkan untuk digeluti. Hal itu dikarenakan banyak orang yang hobi dengan pertarungan ayam dengan menarungkan ayam bangkok yang dimilikinya, ada juga kolektor yang hobi mengoleksi ayam petarung dengan kualitas unggul dimana akan menciptakan prestise tersendiri baginya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan peternak untuk bisa sukses dalam menggeluti bisnis ternak ayam bangkok seperti berikut ini:

Indukan yang Berkualitas

Bagi yang ingin menggeluti bisnis ayam bangkok bisa dengan memilih indukan yang berkualitas. Indukan ini bisa dicari di peternakan ayam bangkok yang kredibel dan terpercaya. Untuk menghasilkan anakan yang berkualitas bagus pilihlah ayam bangkok asli bukan anakan atau hasil perkawinan silang. Para kolektor dan masyarakat hanya akan membeli ayam bangkok asli.  Ciri ayam bangkok asli dan berkualitas adalah kepalanya berbentuk seperti dengan buah pinang, batok kepalanya tebal dan menonjol, selain itu tulang alis ayam tebal. Bagian bulu di ekor dan sayap sangat kaku mengkilap cerah, kaki ayam bersisik dan juga kasar, badan ayam tegak, dan lain sebagainya.

Seleksi Telur atau Bibit yang Berkualitas

Jika ingin menggeluti bisnis ayam bangkok dari telur atau bibit bisa saja, asalkan tahu seperti apa telur bangkok dan bibit bangkok yang berkualitas. Hal itu dikarenakan jika salah dalam memilih akan menghasilkan ayam bangkok yang kurang berkualitas pula.

Baca Juga : Cara Ternak Ayam Bangkok Khusus Pemula

Kandang yang Tepat

Kandang ayam bangkok ini berbeda dengan ayam jenis lainnya. Jika dalam satu kandang bisa dihuni beberapa ayam sekaligus namun tidak untuk ayam bangkok ini dimana hanya bisa dihuni satu ayam bangkok jantan atau sepasang ayam bangkok jantan dan betina. Jika ayam jantan dicampurkan dalam satu kandang, ayam tersebut akan bisa bertanding satu sama lain dan hal tersebut tidak akan bagus untuk tumbuh kembang ayam, terutama jika usianya belum tepat untuk bertarung.

Area Umbaran

Cara ternak ayam bangkok sukses selanjutnya adalah berikanlah area umbaran di dalam lokasi peternakan. Ayam bangkok bisa membutuhkan area umbaran supaya tidak kehilangan sifat asli ayam tersebut. Selain itu area umbaran akan membuat fisik dan otot ayam semakin kuat karena digunakan untuk bergerak terus menerus.

Pakan

Ternak ayam bangkok sukses dipengaruhi oleh pakan. Jika pakannya tidak sesuai kemungkinan besar ayam bangkok tersebut tidak akan bisa tumbuh seperti yang diharapkan. Tidak hanya itu saja performa ayam bangkok pun akan menjadi loyo karena nutrisinya tidak tercukupi dengan baik. Untuk fase starter ayam bangkok bisa diberikan pakan yang lembut dan tanpa air. Selain itu pada fase grower dan juga ayam bangkok dewasa bisa diberikan ransum pakan dengan nutrisi yang lengkap seperti protein, lemak, dan juga serat. Jangan memberikan ayam dengan kandungan karbohidrat tinggi. Selain itu berikanlah vitamin, suplemen, dan juga susu yang mengandung kalsium tinggi supaya kesehatan dan kekuatan tulang ayam terjaga.

Latih Ayam dengan Teratur

Untuk menjadikan ayam bangkok sebagai petarung hebat latih ayam tersebut secara teratur. Untuk melatihnya bisa dengan latihan leher, latihan badan, latihan kaki, sayap, dan lain sebagainya. Untuk memaksimalkan performa ayam bangkok juga bisa menggunakan bantuan berupa boneka ayam aduan. Lakukanlah latihan setiap hari supaya fisik ayam semakin kuat.

Demikianlah cara ternak ayam bangkok sukses yang bisa dilakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga : 4 Pakan Ternak Ayam Bangkok yang Bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *