4 Pakan Ternak Ayam Bangkok Aduan Paling Bagus

ternak ayam bangkok

Pakan ternak ayam bangkok tidak boleh sembarangan. Hal itu dikarenakan ayam bangkok ini dijadikan sebagai ayam aduan, jika pakannya sembarangan performa ayam tersebut di laga pertandingan akan menjadi menurun dan tidak stabil. Sebagai ayam aduan, tentu sebagai pemiliknya Anda ingin agar ayam bangkok yang dimiliki selalu menang.  Untuk menciptakan ayam bangkok yang garang bisa dimulai dengan memberikan pakan yang tepat. Akan sangat disayangkan sekali jika keturunan atau genetiknya sudah bagus, tidak diimbangi dengan pakan yang baik dan benar. Bagi yang ingin membuat ayam bangkoknya lincah dan memiliki performa bagus di laga pertandingan, simak beberapa pakan ternak ayam bangkok paling bagus berikut ini:

Makanan Kaya Protein

Pakan ternak ayam bangkok yang bagus untuk diberikan pertama adalah makanan yang kaya akan protein. Makanan yang kaya protein ini akan membuat tubuh ayam bangkok mampu berkembang dengan pesat, membuat ototnya menjadi kuat, dan membuat fisik ayam semakin tangguh.  Selain itu protein yang dimakan oleh ayam bangkok akan membuat pergantian sel terjadi dengan cepat terutama sel yang rusak digantikan dengan sel yang sehat.

Tinggi Serat

Dalam ransum pakan ayam bangkok harus kaya akan gizi dan nutrisi. Jika gizi dan nutrisinya tidak seimbang akan membuat performanya menjadi tidak stabil. Salah satu pakan yang harus ada pada ransum pakan ayam bangkok ini adalah pakan yang mengandung tinggi serat. Serat ini bermanfaat untuk membuat saluran pencernaan ayam menjadi lebih sehat sehingga tidak ada racun yang mengendap di saluran pencernaan ayam. Ketika racun tersebut sudah menumpuk akan berdampak buruk pada kesehatan ayam.

Baca Juga : Cara Ternak Ayam Bangkok Khusus Pemula

Lemak

Lemak juga dibutuhkan oleh ayam bangkok meskipun kadarnya tidak sebanyak protein dan juga serat. Lemak ini berfungsi sebagai cadangan energi sehingga ayam bangkok tidak akan mudah merasakan lemas, lesu, dan tanpa tenaga.

Susu Bubuk

Bisa dikatakan bahwa jenis pakan ternak ayam ini berbeda dengan ayam jenis lainnya. Untuk membuat tumbuh dan kembang ayam bangkok maksimal bisa diberikan susu bubuk. Susu bubuk ini bisa menguatkan tulang ayam bangkok karena kaya akan kalsium sehingga tubuhnya akan kuat saat menyerang lawan. Susu bubuk ini bisa dicampurkan dengan pakan ternak dan wajib diberikan kepada ayam bangkok periode starter.

Tekstur Pakan Ternak Ayam Bangkok

Tidak hanya jenis pakannya saja yang perlu diperhatikan, namun tekstur pakan pun juga harus diperhatikan. Untuk ayam bangkok fase starter berikanlah pakan yang teksturnya halus dan lembut. Hindari memberikan pakan ayam dalam kondisi basah. Anak  ayam masih sangat rentan sekali terkena penyakit dikarenakan sistem imunnya masih lemah. Anak ayam akan mudah pilek dan batuk jika di dalam pakannya mengandung kadar air.

Baca Juga : Tips Pemberian Pakan Ayam Layer yang Tepat

Untuk ayam periode grower bisa diberikan pakan dengan tekstur setengah kasar dan dicampurkan dengan makanan tinggi serat. Hindari memberikan pakan dengan serat yang mengandung gas karena membuat perut ayam menjadi penuh atau kembung. Untuk ayam dewasa berikanlah pakan atau ransum makanan dengan gizi yang lengkap dengan tekstur kasar dan dicampurkan dengan serat tekstur halus. Jangan memberikan serat secara utuh karena ayam tidak bisa mencerna dengan sempurna.

Pantangan Pakan Ayam

Untuk membuat performa ayam menjadi maksimal penting bagi peternak untuk mengetahui apa saja pantangan yang tidak boleh diberikan ke ayam bangkok ini. Pantangan yang dipegang teguh oleh peternak ayam bangkok sejak dulu sampai sekarang adalah dilarang memberikan karbohidrat kepada ayam. Karbohidrat tersebut akan membuat ayam bangkok terlalu gemuk dan tidak bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal.

Demikianlah beberapa pakan ternak ayam bangkok aduan paling bagus yang wajib dipenuhi, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *