6 Cara Ternak Ayam Tanpa Bau dan Kotor yang Jarang Diketahui

tips ternak ayam tanpa bau

Ada beberapa masyarakat yang enggan untuk menggeluti bisnis ternak ayam ini dikarenakan bau yang dihasilkan dari peternakan tersebut. Padahal jika tahu caranya menggeluti bisnis peternakan ini tidak akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Dengan membuat peternakan tidak bau akan banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh peternak beberapa diantaranya adalah tidak mengganggu indera penciuman dan pernafasan, selain itu bisa membuat tetangga di sekitar lingkungan peternakan menjadi nyaman karena tidak ada bau yang ditimbulkan. Berikut ini ada beberapa cara ternak ayam tanpa bau dan kotor yang penting dilakukan peternak:

Tata Letak Kandang yang Rapi dan Bagus

Hal pertama yang wajib dilakukan peternak sebelum membuat peternakannya tidak bau dan kotor adalah susun dan buat tata letak kandang menjadi rapi dan bagus. Tujuan melakukan ini supaya mudah dalam membersihkan kandang dan lokasi peternakan sehingga kebersihannya menjadi lebih terjaga. Tata letak yang kurang bagus hanya akan membuat nuansa peternakan menjadi sumpek, kumuh, dan juga bisa membuat pembersihan area kandang dan lokasi peternakan lebih sulit.

Baca Juga : Tips Ternak Ayam Potong Cepat Panen

Jaga Higienitas di Peternakan

Untuk menjaga kesehatan ayam dan juga kebersihan lokasi peternakan penting bagi orang yang akan masuk membersihkan dirinya terlebih dahulu. Ada orang yang membawa kuman dan virus bersama dengan dirinya yang mana akan mudah ditularkan ke ayam atau berpindah ke lokasi peternakan. Sehingga dirinya perlu membersihkan diri dengan mencelupkan kakinya ke cairan desinfektan dan juga melengkapi diri dengan berbagai macam peralatan seperti masker, sapu tangan, dan lain-lain. Terlalu banyak bakteri yang melekat pada lokasi peternakan inilah yang membuatnya menjadi berbau.

Jaga Kotoran Tetap Kering

Untuk bisa membuat ternak ayam tidak menimbulkan kotor dan bau penting sekali bagi peternak untuk menjaga kotoran tetap kering. Kotoran yang kering lebih minim baunya dibandingkan dengan yang cair atau encer. Cara menghindari kotoran yang cair adalah memberikan pakan dengan kualitas tinggi.  Selain itu keseimbangan kadar air maupun mineral di dalam  tubuh ayam juga harus terjaga.

Jaga kandang Tetap Kering

Supaya kandang tidak bau dan kotor jagalah kandang untuk tetap kering.  Untuk menjaganya tetap kering adalah hindari air tumpah di dalam kandang apalagi sampai tumpah ke kotoran. Saat ini masih banyak peternak yang memberikan minuman tepat di atas lantai kandang padahal di lantai kandang tersebut juga telah bercampur dengan kotoran, hal tersebutlah yang menyebabkannya bau terutama jika airnya tumpah. Oleh sebab itu pengaturan minuman di dalam kandang harus benar-benar diperhatikan dengan baik.

Baca Juga : Berencana Ternak Ayam Petelur tanpa Kandang? Berikut Tipsnya !

Berikan Probiotik

Cara ternak ayam tanpa bau dan kotor yang tidak boleh dilupakan peternak adalah pemberian probiotik. Ayam dengan saluran pencernaan yang terganggu akan mengeluarkan kotoran yang berbau. Selain mengatasi gangguan pencernaan, probiotik ini juga bisa digunakan untuk memaksimalkan nutrisi pakan yang terserap ke dalam tubuh sehingga kadar protein pada pakan tidak akan keluar bersama dengan kotoran ayam. Kotoran yang masih mengandung protein akan membuatnya berbau, oleh sebab itulah probiotik ini amat diperlukan.

Bersihkan Kandang Secara Teratur

Pembersihan bisa dilakukan sebanyak dua kali dalam sehari. Jika semua ayam telah dipanen bersihkanlah area kandang secara keseluruhan dan semprot dengan desinfektan, tujuannya supaya kuman dan bakteri sisa peternakan sebelumnya bisa hilang. Jika hal ini tidak dilakukan kuman dan bakteri yang masih tersisa akan menimbulkan bau dan juga penyakit di periode ternak di masa mendatang.

Menjaga peternakan supaya tidak bau dipercaya bisa meningkatkan produktivitas. Selain itu daging ayam maupun telur yang dihasilkan di peternakan yang tidak berbau jauh lebih sehat dibandingkan dengan peternakan yang bau. Lakukanlah beberapa cara ternak ayam tanpa bau dan kotor seperti yang disebutkan di atas dan rasakanlah sendiri perbedaannya.

Baca Juga : Keuntungan Bisnis Ternak Ayam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *