Ini Dia 6 Keuntungan Ternak Ayam Potong yang Patut Anda Tahu!

keuntungan ternak ayam potong

Ayam potong diternakkan untuk dipotong dan diambil dagingnya. Yang dijadikan ayam potong adalah ayam dengan ras broiler. Namun ayam ras petelur maupun ayam buras pun bisa dijadikan ayam pedaging namun yang berbeda adalah rasanya dan juga teknik memasaknya yang lebih lama. Ayam petelur yang sudah diafkirkan maupun ayam buras memiliki tekstur daging yang lebih kenyal, berbeda dengan ayam potong yang mana lebih halus dan lembut.

Jika Anda mencari bisnis yang potensial maka ternak ayam potong ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan. Namun jika Anda ingin berbisnis berhubungan dengan ayam pedaging maupun ayam-ayam lainnya penting bagi Anda untuk tahu caranya. Dengan berbisnis ternak ayam potong broiler, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti berikut ini:

Keuntungan dari Ayam Potong atau Broiler itu Sendiri

Keuntungan ternak ayam potong salah satunya berasal dari ayam potong itu sendiri. Ayam ini memiliki kelebihan yang mana tidak dimiliki oleh ayam jenis lainnya. Berikut adalah keunggulan ayam potong dibandingkan dengan ayam lainnya:

  1. Mudah tumbuh dan berkembang dengan pesat

Karakteristik ayam potong yang tidak dimiliki oleh ayam lainnya terutama ayam buras adalah bisa tumbuh berkembang dengan pesat karena mampu memanfaatkan pakan dengan baik, sehingga hanya dalam beberapa minggu saja bobotnya sudah naik berkali-kali lipat terutama pada bagian dada dan paha.

  1. Cepat panen

Karakteristik selanjutnya yang tidak dimiliki oleh ayam lain adalah ayam ini cepat dipanen dibandingkan dengan ayam kampung. Jika ayam bisa tumbuh dan berkembang secara merata ayam broiler bisa dipanen dalam waktu yang bersamaan. Karena cepat panen inilah membuat modal bisnis bisa berputar dengan cepat.

Baca juga : Cara Ternak Ayam Potong Cepat Panen

Dari Segi Bisnis

Dilihat dari segi bisnis, ayam potong ini juga menguntungkan. Banyak peternak ayam potong yang untung besar dikarenakan hasil panennya tidak mengecewakan. Berikut ini adalah keuntungan ternak ayam potong dilihat dari kacamata bisnis yang bisa Anda dapatkan:

  1. Bisnis yang tidak akan padam

Ayam potong atau broiler menjadi bisnis yang tidak akan padam termakan oleh waktu. Sejak dulu kala ayam menjadi hidangan yang disukai oleh banyak orang sehingga selama masih banyak orang yang menyukai ayam, bisnis ini akan tetap menarik dan potensial untuk digeluti.

  1. Banyak Dibutuhkan Ibu Rumah Tangga

Ayam potong ini banyak dibutuhkan bu rumah tangga untuk memasak hidangan keluarga. Ayam potong ini memiliki cita rasa yang gurih dan kaya gizi sehingga semua umur menyukainya. Selain itu jika tidak dikonsumsi secara berlebihan ayam potong bisa memberikan nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti lemak hewani, protein hewani, dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Dibutuhkan dalam skala besar

Ayam potong ini tidak hanya dibutuhkan dalam skala kecil seperti mencukupi kebutuhan rumahan saja, namun ayam potong juga bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan partai besar. Pada acara hajatan maupun tasyakuran banyak yang menggunakan daging ayam potong untuk menu yang disuguhkan kepada para tamu maupun untuk ater-aternya, bahkan hal ini sudah dilakukan oleh masyarakat sejak beberapa puluh tahun lalu dan masih dipertahankan sampai saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis ayam potong ini peluangnya tetap terbuka dengan lebar.

  1. Dibutuhkan oleh banyak bisnis

Saat ini bisnis yang berhubungan dengan ayam potong makin marak seperti ayam geprek, ayam panggang, ayam crispy, dan lain sebagainya. Hal ini akan menjadi poin yang menguntungkan bagi peternak ayam potong karena jika bisa bekerja sama dengan mereka, Anda akan tidak kesulitan dalam memasarkannya.

Demikianlah beberapa keuntungan ternak ayam potong yang menggiurkan, semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga : Cara Budidaya Ayam Broiler Organik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *