Cara Ternak Ayam Potong Cepat Panen

cara ternak ayam potong cepat panen

Ternak Ayam broiler sesungguhnya merupakan salah satu jenis ternak yang cepat panen dan memberikan keuntungan secara kontinyu. Akan tetapi jika anda ingin mempercepat masa panen dari ayam anda, berikut ini adalah hal yang bisa anda lakukan.

Mengenai Penyimpanan Pakan Ayam

Memberikan pakan ayam yang berkualitas merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kualitas daging dalam peternakan anda. Akan tetapi memilih pakannya saja bukan merupakan salah satu yang menjamin. Selain menentukan nutrisi pakan ayam yang anda miliki, perhatikan juga mengenai tempat penyimpanan pakan ayam anda. Hindarilah tempat-tempat yang panas untuk penyimpanan pakan Ternak Ayam anda.

Cuaca yang panas akan menyebabkan kelembaban dalam tempat penyimpanan pakan ayam. Hal ini merupakan salah satu hal yang buruk bagi kualitas pakan ayam anda. Area yang panas dan lembab akan menyebabkan jamur mudah hidup di pakan ayam anda. Pakan ayam yang sudah berjamur tidak akan memiliki kualitas yang baik dan tentu akan memiliki efek beracun pada ternak anda. Oleh karena itu jika anda ingin Ternak Ayam anda tumbuh lebih cepat pastikan tempat penyimpanan pakan yang anda pilih cukup aman dan memiliki potensi pertumbuhan jamur yang minim.

Baca juga : Teknik Ternak Ayam Potong untuk Pemula

Gunakan Teknik Lampu Mati dan Nyala

Salah satu teknik yang bisa digunakan untuk membantu mempercepat waktu panen adalah dengan menggunakan teknik lampu mati nyala. Teknik ini dilakukan dengan memberikan giliran cahaya pada ayam anda. Untuk pembagiannya 1 jam lampu dimatikan dan 23 jam lampu dinyalakan. Mengapa teknik ini penting? Teknik ini merupakan teknik yang penting dilakukan untuk membantu mempercepat pencernaan ayam. Pada waktu di kegelapanan, makanan ayam akan lebih cepat dan lebih baik terserap oleh tubuh sehingga nutrisi dalam pakan Ternak Ayam terserap dengan lebih sempurna. Hal inilah yang akan membantu ayam tumbuh lebih cepat.

Pilih Alat Pakan yang Tepat

Hal lain yang perlu anda ketahui untuk memaksimalkan pakan ayam sehingga dapat membantu mempercepat pertumbuhan ayam adalah dengan menggunakan alat pakan yang berkualitas. Alat pakan ayam yang berkualitas akan meminimalkan jumlah pakan yang terbuang. Jika porsi pakan ayam yang terbuang lebih sedikit artinya pemberian pakan sesuai porsinya akan lebih efektif untuk pertumbuhan ayam bukan? Oleh karena itu jangan hanya berpedang pada harga alat pakan Ternak Ayam yang murah. Alat pakan yang murah cenderung akan membuat pakan ayam lebih mudah habis terbuang.

Penempatan Tempat Minum

Hal lain yang juga perlu diperhatikan ketika anda ingin hewan dalam Ternak Ayam anda lebih cepat dipanen adalah dengan menempatkan tempat minum cukup jauh dari tempat pakan. Penempatan tempat minum yang terlalu dekat dapat menyebabkan air berpindah pada tempat pakan dan menyebabkan pakan lebih cepat busuk. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Pakan busuk dan memiliki kualitas rendah akan memperlambat pertumbuhan dari ayam karena tidak sehat dan beracun.

Baca Juga : Cara Ternak Ayam Bangkok

Kesimpulan

Pada intinya, untuk membantu pertumbuhan hewan dalam peternakan adalah dengan memperhatikan nutrisi dan penyerapan pakan dalam tubuh ayam dengan lebih baik. Selain hal-hal yang disebutkan di atas, pastikan juga kebersihan dan kesehatan kandang terjaga. Kebersihan dan kesehatan kandang juga memegang peranan penting dalam pertumbuhan ayam sehingga dapat juga mempercepat waktu panen Ternak Ayam yang anda miliki jika dijaga kebersihannya. Seperti yang kita tahu, ayam broiler merupakan jenis ayam yang mengalami rekayasa genetik. Jika ia sehat, maka pertumbuhannya sendiri akan sangat cepat. Bahkan dalam usia 6 minggu anda sudah bisa menghasilkan uang dari beternak ayam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *