Cara Ternak Ayam Potong Untuk Pemula yang Baik dan Benar

Bisnis ayam potong semakin menggiurkan. Hal itu dikarenakan banyak yang membutuhkannya untuk dikonsumsi pribadi atau untuk acara tertentu seperti hajatan atau acara pernikahan. Memang  ayam potong ini bisa dijadikan sebagai berbagai macam olahan, selain itu rasanya juga lezat sehingga tidak hanya anak-anak saja yang menyukainya namun orang dewasa maupun orang tua pun menyukainya. Oleh sebab itu  peluang bisnis ayam potong ini masih terbuka lebar, terutama bagi Anda yang mencari bisnis dengan peluang yang bagus maka ayam potong ini adalah salah satu jawabannya.

Tips Ternak Ayam Potong yang Benar

Bagi yang sedang ingin menggeluti bisnis dalam bidang peternakan ayam ini, Anda harus tahu bagaimana caranya ternak ayam yang baik dan benar. Cara yang baik dan benar ini berguna untuk menghindarkan berbagai macam hal yang bisa menyebabkan ayam mengalami kerugian. Khusus pemula penting sekali untuk mengetahui ilmu dasar dari beternak ayam potong ini. Untuk meminimalisir kerugian, simak cara ternak ayam potong yang benar berikut ini:

Kandang DOC

Cara ternak ayam potong yang harus diperhatikan adalah kandang DOC. Kandang DOC ini tidak bisa disepelekan dikarenakan kunci kesuksesan ternak ayam tergantung dengan bagaimana merawat DOC yang dimiliki.  Perawatan DOC ini salah satunya bisa dilakukan dengan memberikan kandang yang tepat karena berbeda dengan periode finisher maupun grower.  Untuk kandang DOC yang tepat adalah membuat semua sisinya tertutup dan hanya ada satu sisi saja yang terbuka. Yang tidak boleh dilupakan adalah brooder. Brooder ini adalah penghangat. DOC yang kecil masih membutuhkan induknya untuk menghangatkan tubuh mereka, sedangkan brooder ini berfungsi sebagai induk pengganti yang akan memberikan rasa hangat kepada DOC.

Tekstur Pakan yang Tepat

Setiap hewan memiliki karakteristiknya masing-masing, begitu pula dengan ayam ini.  Ayam memiliki karakter menceker makanan, oleh sebab itu Anda bisa menyediakan makanan yang sesuai dengan karakternya. Misalnya untuk periode starter bisa diberikan makanan yang halus karena organ pencernaan belum sempurna. Sedangkan untuk periode grower, dan finisher bisa diberikan pakan campuran. Pemberian tekstur pada pakan ini bermanfaat untuk ayam mempertahankan karakteristiknya.

Baca juga :

5 Cara Ternak Ayam Birma yang Baik dan Benar

4 Cara Ternak Ayam Potong yang Benar

6 Cara Ternak Ayam Potong agar Mendapatkan Hasil Maximal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *