4 Tips Menggeluti Bisnis Karkas Ayam bagi Pemula Agar Profit

Tips Menggeluti Bisnis Karkas Ayam

Bisnis yang menarik untuk digeluti adalah karkas ayam. Sebenarnya karkas ini menjadi satu dengan bisnis ternak ayam. Sehingga tidak hanya ayam hidup saja yang diperjual belikan, namun daging karkas pun bisa dijual peternak kepada pelanggan. Jika hanya berkutat pada penjualan DOC, dan ayam dengan kondisi hidup saja maka layanan yang diberikan tidak lengkap. Keuntungan bisnis daging karkas yang menggiurkan adalah pangsa pasarnya yang luas. Tidak hanya itu saja, harga ayam yang relatif stabil dan fluktuatif menjadi nilai plus dari bisnis ini.

Tips Bisnis Karkas Ayam Pemula

Bagi pemula yang menggeluti bisnis karkas sangat dianjurkan untuk melakukan kiat atau tips supaya bisnisnya sesuai dengan harapannya. Pemula memang belum banyak makan garam dalam menggeluti bisnis ini. Pengalaman adalah guru yang terbaik, oleh sebab itu semakin banyak pengalaman yang dimiliki akan semakin bagus untuk bisnis. Mengasah skill juga sangat dibutuhkan di dalam bisnis ini. Berikut ini adalah beberapa tips menggeluti bisnis karkas ayam agar sukses:

Membaca Peluang

Tips menggeluti bisnis yang pertama adalah dengan pandai dalam membaca peluang pasar. Peluang pasar ini bisa dengan melakukan seperti apa selera konsumen, produk karkas yang diinginkan dan lain sebagainya.

Baca juga : 7 Tips Bisnis Karkas Ayam Agar Mendapat Profit Besar

Memahami Produk dengan Baik

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan oleh pemula adalah dengan menguasai produk daging karkas yang dijualnya ke konsumen dengan baik, seperti ciri-ciri ayam yang sehat. Ayam yang sehat jika dijadikan daging karkas juga akan sehat, begitu pula sebaliknya jika yang dipotong tidak sehat maka akan menyebabkan daging karkas yang dihasilkan juga tidak sehat. Berikut ini adalah ciri-ciri ayam sehat yang bisa dijadikan sebagai daging karkas sehat:

  1. Nafsu makan dan minum stabil. Ciri ayam sehat yang pertama adalah memiliki nafsu makan dan minum yang stabil. Ayam dengan kondisi yang tidak sehat nafsu makan dan minumnya tidak stabil, bahkan ayam tersebut sama sekali tidak mau menyentuh makanan dan minumannya. Agar daging karkas yang dihasilkan sehat dan berkualitas, hindari memotong ayam dalam kondisi tidak sehat.
  2. Ciri ayam yang tidak sehat adalah lesu. Ayam yang sehat akan lincah dan banyak bergerak. Ketika ayam lesu maka dia hanya suka diam di satu tempat saja sambil memejamkan matanya. Jika ayam dengan kondisi ini belum lincah kembali, maka belum layak untuk dipotong.
  3. Suara serak. Salah satu ciri ayam sakit adalah yang suaranya serak. Ayam dengan suara serak bisa menjadi tanda bahwa ada virus yang bersarang di dalam tubuhnya. Sebelum virus tersebut melemah, ayam dengan kondisi ini juga tidak layak potong.

Proses yang Benar

Untuk bisa menggeluti bisnis karkas ayam yang sukses peternak harus melakukan proses yang benar.  Proses yang salah akan menyebabkan kualitas dari daging kakas menjadi menurun dan tidak sesuai standar. Untuk menghasilkan daging karkas yang benar prosesnya adalah ayam yang kondisinya sehat harus dipotong secara manual. Ayam yang sudah mati dan darahnya sudah habis direbus. Setelah direbus bulu ayam dihilangkan. Untuk menghilangkan bulu ayam ini bisa dengan mesin penggiling atau manual. Pastikan tidak ada bulu yang terlalu banyak menempel di daging karkas agar konsumen tidak complain atau menjadi ilfeel.

Jangan Mudah Menyerah

Tips agar bisnis karkas ayam berjalan sukses adalah jangan mudah menyerah. Sifat mudah menyerah tidak boleh dimiliki oleh pebisnis. Pebisnis yang tidak memiliki mental tangguh akan tidak mudah bangkit ketika terjatuh.

Baca juga : 3 Persiapan Menghasilkan Potongan Karkas Ayam Sehat

Demikianlah tips sukses menggeluti bisnis karkas ayam untuk pemula yang penting diperhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *