3 Persiapan Menghasilkan Potongan Karkas Ayam Sehat

Potongan Karkas Ayam Sehat

Dalam bisnis karkas, potongan karkas ini harus Anda perhatikan dengan baik. Ada peternak yang sangat bagus skillnya dalam pemeliharaan ayam namun hanya sedikit yang tahu bagaimana memotong karkas ayam yang baik dan benar. Bisnis karkas masih menjadi satu dengan bisnis ternak ayam. Jika ternak ayam menjual dalam keadaan masih hidup, bisnis karkas menjual ayam dalam bentuk sudah mati tapi dalam kondisi utuh. Memotong karkas ini pun ada tekniknya jika sembarangan maka hasilnya tidak akan sesuai yang diharapkan konsumen. Biasanya peternak ayam ada yang memberikan layanan karkas sehingga tidak terbatas pada ayam hidup saja.

Memotong Karkas Ayam

Sebelum memotong karkas ayam dibutuhkan beberapa persiapan terlebih dahulu. Tujuannya agar ketika proses pemotongan ayam tersebut terjadi bisa lebih mudah dilakukan dan hasil potongan karkas tidak mengecewakan konsumen. Berikut ini adalah beberapa persiapan agar potongan karkas ayam lebih sehat dan mudah:

Baca juga : 3 Cara Perhitungan Karkas Ayam yang Tepat

Menggunakan Pisau Daging Tajam

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah pisau daging. Ada berbagai macam pisau yang ada di pasaran Indonesia misalnya adalah pisau ukir, pisau fillet, pisau daging, pisau dapur dan lain-lain. Untuk bisa memotong karkas ayam dengan baik dan benar pakailah pisau daging yang benar-benar tajam digunakan. Pisau tersebut bisa memotong otot daging karkas dengan baik.

Talenan

Anda juga harus menyiapkan talenan yang bisa digunakan untuk membantu pemotongan karkas ayam. Tanpa talenan ini Anda tidak akan bisa memotong daging karkas dengan benar. Anda bisa meletakkan daging karkas di atas talenan agar pemotongannya menjadi lebih mudah.

Sarung Tangan

Ada juga membutuhkan sarung tangan. Hygiene sangat dijaga dalam pemotongan ayam ini tujuannya ayam yang diberikan ke konsumen kondisinya terbebas dari bakteri. Anda bisa menggunakan sarung tangan di bagian tangan kiri, sedangkan tangan kanan yang memegang pisau daging. Kemudian letakkan daging karkas di atas talenan dan potong sesuai dengan permintaan konsumen.

Kendala Pemotongan Karkas Ayam

Saat Anda memotong karkas ayam, akan ada beberapa kendala yang bisa terjadi saat pemotongan tersebut. Agar bisa memotong karkas dengan baik dan lancar sebaiknya menghindari berbagai macam kendala pemotongan karkas tersebut. Berikut adalah kendala yang biasa terjadi ketika pemotongan daging karkas dilakukan:

Baca juga : Cara Menyimpan Karkas Ayam Agar Tetap Segar

Daging Tergelincir

Potongan karkas ayam akan mudah sekali tergelincir terutama jika yang memotongnya adalah pemula. Saat di potong di atas talenan, jika Anda tidak memegangi daging tersebut dengan tepat maka akan mudah tergelincir dari atas talenan. Akibatnya  potongan daging menjadi tidak sempurna dan hal tersebut akan membuat konsumen kecewa.

Pisau Tidak Tajam

Jangan pernah mengabaikan pisau daging yang tidak tajam, hal itu dikarenakan akan merugikan Anda. Sebelum ngelapak atau berjualan cek terlebih dahulu performa pisau caranya dengan memotong pelepah pisang. Kalau Anda mudah memotong pelepah daun pisang tersebut maka bisa dipastikan pisau tersebut masih tajam namun jika kesulitan maka ketajamannya berkurang. Dampak pisau daging yang tidak tajam ini akan membuat pemotongan daging karkas tidak rapi dengan banyak yang tercecer, sehingga konsumen akan merugi sebab berat ayam menjadi berkurang. Potongan yang tidak rapi juga menyebabkan konsumen kecewa terutama jika daging karkas itu untuk menu nasi box.

Sebagai pebisnis daging karkas, sebaiknya Anda memberikan pelayanan yang terbaik. Selain itu berikan daging karkas dengan kualitas terbaik. Daging yang sudah memiliki nutrisi sebaiknya dijaga kebersihannya agar terbebas dari berbagai macam bakteri. Caranya adalah dengan menyiapkan berbagai macam persiapan sebelum pemotongan karkas ayam dilakukan. Potongan karkas ayam yang dilakukan dengan persiapan akan membuat daging yang dihasilkan lebih terjaga kebersihannya dan lebih sehat dikonsumsi dibandingkan yang tanpa persiapan.

Baca juga : 6 Cara Menghasilkan Potongan Ayam (Karkas) yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *