Kelebihan Kandang Ayam Broiler Jenis Panggung dan Kekurangannya

Kelebihan Kandang Ayam Broiler

Kandang ayam broiler menjadi salah satu faktor keberhasilan ayam. Sebagus apapun bibit ayam, dan pakan yang diberikan jika kandangnya tidak berkualitas maka bisa menyebabkan peternakan ayam tidak bisa berjalan sesuai dengan harapan. Sebelum memperhatikan yang lainnya perhatikanlah aspek kandangnya terlebih dahulu.  Kandang yang dibuat harus ideal sehingga ayam bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di dalamnya. Setiap jenis ayam memiliki kandang idealnya masing-masing, yang mana kandang ayam kampung belum tentu ideal untuk ayam jenis broiler ini. Salah satu jenis kandang yang bisa dipertimbangkan untuk memelihara ayam broiler ini adalah kandang panggung. Simak beberapa kelebihan dari kandang ayam broiler jenis panggung yang menarik berikut ini:

Menampung Ayam Lebih Banyak

Salah satu keuntungan kandang ayam tipe panggung adalah bisa menampung ayam lebih banyak. Tipe panggung biasanya terdiri dari dua lantai, sehingga tidak ada lantai dasar saja namun ada juga lantai dua. Meski jenisnya panggung namun jumlah lantai pada kandang ini tidak boleh lebih dari tiga lantai. Maksimal jumlah lantai adalah tiga namun yang paling ideal adalah dua lantai. Tujuan lantai kandang tidak terlalu banyak adalah supaya ayam bisa mudah dipantau, sehingga jika ada ayam yang sakit bisa langsung mendapatkan penanganan.

Menghemat Lahan

Jika Anda ingin membuka bisnis peternakan ayam namun tidak memiliki lahan yang cukup maka kandang inilah yang ideal. Kandang ayam broiler jenis panggung bentuknya vertikal bukan horizontal sehingga akan menghemat lahan.  Oleh sebab itu meski lahan yang Anda miliki sempit tetap bisa mendirikan peternakan ayam tersebut. Untuk luasnya bisa disesuaikan dengan ketersediaan lahan dan juga jumlah ayam yang akan dipelihara. Sebelum memelihara ayam, Anda bisa mengira-ira jika luas kandang sekian bisa digunakan menampung ayam berapa.

Baca juga :

6 Penyebab Budidaya Ayam Broiler Mengalami Kerugian

4 Sistem Kandang Ayam Broiler yang Membuatnya Lebih Produktif

Pemilihan Breeder Ayam Broiler yang Tepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *