Cara Budidaya Ayam Broiler Organik dan Kelebihannya

cara budidaya ayam broiler

Cara budidaya ayam broiler organik

Terlalu banyak bahan berbahaya di dalam tubuh ayam akan membuat dagingnya tidak baik dikonsumsi setiap hari. Oleh sebab itulah mengapa ayam potong yang diternakkan dengan vaksin tidak bagus untuk dikonsumsi setiap hari. Melihat kondisi tersebut ada beberapa peternak yang mulai menggunakan cara organik untuk membudidayakan ayam di peternakannya. Ayam broiler yang dibudidayakan dengan cara organik dagingnya lebih sehat dan tidak akan mudah basi ketika dimasak. Selain itu bisnis ayam organik ini peluangnya masih terbuka dengan lebar karena kini banyak warga masyarakat yang sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan dengan makanan yang sehat. Bagi yang tertarik untuk menggeluti bisnis ini, simak cara budidaya ayam broiler organik yang benar berikut ini:

Probiotik

Dalam peternakan ayam broiler biasa vaksin ini amat sangat dibutuhkan untuk membuat tumbuh dan kembang ayam lebih pesat dan mencegah dari berbagai macam penyakit yang bisa menyerang ayam seperti Gumboro, Tetelo, dan lain sebagainya. Sebagai gantinya broiler organik akan diberikan probiotik yang bisa membuat tubuh ayam dan juga pencernaannya jauh lebih sehat. Pencernaan yang sehat akan membuat pakan yang diberikan ke ayam bisa terserap secara sempurna.

Baca juga : 6 Penyebab Budidaya Ayam Broiler Mengalami Kerugian

Pakan Organik

Budidaya ayam broiler organik ini juga menggunakan pakan organik. Tidak ada pakan kimia atau pabrikan yang diberikan kepada ayam sehingga tubuh ayam menjadi lebih sehat. Ayam organik ini diberikan dedaunan sebagai makanan alternatif dan juga tepung-tepungan sebagai pakannya. Kadang dedaunan tersebut juga dicampurkan dengan dedak, jagung, tepung singkong, dan juga tepung ikan.

Pemberian Obat Herbal

Untuk bisa membuat ayam tidak mudah sakit tidak perlu menggunakan obat-obatan atau vaksin karena ayam organik hanya akan diberikan bahan herbal. Bahan herbal inilah yang akan membuat ayam organik menjadi lebih sehat dan bugar setiap harinya. Bahan herbal yang digunakan untuk membuat tubuh ayam menjadi lebih bugar dan sehat adalah lengkuas, kunyit, dan juga bawang putih. Bahan herbal tersebut akan membuat ayam lebih bertenaga.

Kelebihan Budidaya Ayam Broiler Organik

Banyak kelebihan budidaya ayam broiler organik yang akan menguntungkan peternak seperti berikut ini:

Menghemat Biaya Pakan

Banyak peternak ayam broiler organik yang mengungkapkan jika biaya yang digunakan untuk membeli pakan jauh lebih hemat dibandingkan dengan beternak dengan cara biasa. Hal itu dikarenakan pemberian probiotik bisa membuat ayam akan mencerna pakan secara maksimal sehingga sedikit saja pakan yang diubah menjadi kotoran. Ayam organik ini juga sedikit membuat kotoran dikarenakan sistem metabolismenya lebih bagus.

Baca juga : 5 Kelebihan Daging Ayam Broiler Jika Dikonsumsi

Kenaikan Bobot yang Signifikan

Ayam yang diternakkan dengan cara biasa akan selalu membuang kotoran sehabis makan karena sistem metabolismenya yang buruk. Sistem metabolisme yang bagus pada ayam broiler organik ini bisa membuat bobot ayam menjadi naik secara signifikan. Jika ayam broiler dengan teknik biasa hanya mencapai 1,5 kg ayam organik ini bisa mencapai 1,7 kg. Yang menarik lagi adalah ayam ini juga akan memiliki harga jual lebih tinggi dibandingkan dengan broiler biasa.

Biaya Operasional Lebih Hemat

Yang paling dirasakan oleh peternak ayam broiler adalah biaya operasional menjadi lebih hemat. Hal itu dikarenakan peternak tidak perlu membeli vitamin dan vaksin untuk ayam-ayamnya. Cukup dengan bahan herbal yang harganya murah akan membuat ayam broiler tersebut tetap sehat dan bugar. Bahan herbal ini busa didapatkan dengan mudah tanpa harus pergi ke pet shop atau ke dokter hewan.

Banyak masyarakat yang lebih suka mengonsumsi ayam broiler organik dibandingkan dengan  menggunakan vaksin. Oleh sebab itulah tidak mengherankan jika banyak peternak yang beralih ke budidaya ayam broiler organik karena dirasa lebih menguntungkan dibandingkan dengan ternak ayam broiler biasa.

Baca juga : 4 Sistem Kandang Ayam Broiler yang Membuatnya Lebih Produktif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *