4 Cara Ternak Ayam Potong Cepat Panen dan Besar Paling Efisien

ternak ayam potong cepat panen

Ayam potong adalah ayam ras broiler yang mana diternakkan untuk diambil dagingnya. Ayam potong ini banyak dibutuhkan untuk kebutuhan rumah tangga atau partai besar seperti hajatan dan lain sebagainya. Karena peluangnya yang terbuka dengan lebar maka tidak mengherankan jika beternak ayam potong ini menjadi bisnis yang banyak digeluti. Menggeluti bisnis ini tidak boleh hanya ikut-ikutan karena kemungkinan besar bisnis ayam potong akan gagal di tengah jalan tanpa teknik dan skill yang mumpuni.

Memang ayam potong ini akan lebih cepat besar dibandingkan dengan ayam jenis lainnya. Namun masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan peternak supaya ayam potong yang diternakkannya ini bisa cepat besar sehingga bisa dipanen meski belum masanya tiba. Berikut ini adalah cara ternak ayam potong cepat panen paling efisien yang bisa dilakukan peternak:

Bibit yang Berkualitas

Cepat atau tidaknya masa panen ayam potong tersebut tergantung dengan bibit yang diternakkan. Jika bibitnya berkualitas maka ayam potong tersebut bisa tumbuh dengan baik dan mencapai bobot yang maksimal. Berbeda jika yang diternakkan adalah bibit dengan kualitas biasa tentu untuk mencapai bobot yang maksimal akan kesulitan. Selain itu bibit dengan  kualitas biasa akan mudah terkena penyakit yang mematikan sehingga sulit bertahan sampai masa panen tiba.

Baca Juga : Keuntungan Bisnis Ternak Ayam Potong

Pakan Tinggi Protein

Cara ternak ayam potong cepat panen yang bisa dilakukan selanjutnya adalah berikanlah pakan yang tinggi akan protein di atas standar pemberian pakan normal. Pakan ini akan membuat daging ayam bisa berkembang dengan pesat terutama pada bagian paha dan juga dada. Jika pakan yang diberikan rendah protein maka pertumbuhan daging ayam tidak akan maksimal. Memang biaya yang harus dikeluarkan bertambah besar, namun hal ini menjadi solusi jitu supaya ayam ini bisa cepat besar dan cepat dipanen.

Probiotik

Salah satu cara untuk membuat ayam potong menjadi cepat panen adalah berikanlah probiotik. Probiotik ini akan dicampurkan ke minuman ayam. Probiotik ini sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan dan tumbuh kembang ayam, karena selain bisa membuat nutrisi pakan terserap sempurna, juga akan membuat gangguan pencernaan pada ayam bisa teratasi sehingga kotorannya menjadi tidak berbau.

Baca Juga : Cara Ternak Ayam Potong Untuk Pemula

Suplemen atau Vitamin Nafsu Makan

Saat tidak nafsu makan ayam akan memiliki bobot yang menurun, hal itu dikarenakan nutrisinya tidak tercukupi dengan baik. Ada beberapa kondisi yang mana menyebabkan ayam ini menjadi tidak nafsu makan salah satunya adalah cuaca yang sangat panas seperti saat ini. Ayam hanya ingin minum terus menerus sehingga tidak ada keinginan untuk memakan pakannya. Jika terus dibiarkan hal itu tidak bagus untuk tumbuh dan kembang ayam dimana dagingnya hanya dipenuhi dengan air. Peternak bisa memberikannya vitamin atau suplemen yang bisa digunakan untuk menambah nafsu makannya.

Waspadai Penyebab Ayam Potong Tidak Tumbuh Besar

Ada beberapa penyebab mengapa ayam potong yang diternakkan tidak bisa tumbuh berkembang secara maksimal salah satunya adalah penyakit kerdil. Meski nutrisi sudah diberikan secara maksimal, ayam dengan penyakit ini bobotnya tidak bisa bertambah dengan pesat dan tubuhnya tidak bisa tumbuh menjadi besar. Penyakit ini akan mudah ditangani jika terdeteksi sejak dini. Oleh sebab itu untuk mengetahui apakah ayah sudah tumbuh seperti yang diharapkan lakukan penimbangan rutin seminggu sekali sehingga jika ada ayam yang mengalami kekerdilan bisa langsung diatasi.

Demikian beberapa cara ternak ayam potong cepat panen yang bisa dilakukan peternak, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *