5 Manajemen Pemeliharaan Ayam Layer Agar Produktivitas Tinggi

Manajemen Pemeliharaan Ayam
Manajemen Pemeliharaan Ayam

Kualitas telur yang dihasilkan dari ayam jenis layer ini sangat tergantung dengan manajemen yang Anda lakukan. Semakin bagus manajemen yang Anda lakukan maka semakin sukses usaha peternakan yang akan Anda geluti. Sayangnya belum semua peternak tahu bagaimana cara manajemen beternak ayam layer yang baik dan benar. Oleh sebab itu sering sekali diberitakan bahwa peternak ayam layer dari waktu ke waktu mengalami kerugian. Tentu saja setiap orang yang berbisnis tidak ingin menanggung kerugian, dan menginginkan keuntungan yang mana hanya akan muncul pada manajemen pemeliharaan ayam yang baik dan benar. Tidak bisa Anda terjun ke dunia peternakan jika belum tahu ilmunya, begitu pula dengan bisnis lainnya yang memerlukan ilmu atau pengetahuan terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia bisnis tersebut. Agar tidak mengalami kerugian, simak manajemen pemeliharaan ayam layer yang baik dan benar berikut ini:

Baca juga : Cara Menyimpan Telur Ayam Setelah Keluar dari Kandang

Bibit Ayam Layer

Manajemen pemeliharaan ayam layer yang pertama adalah pemilihan bibit ayam layer yang berkualitas. Mengapa bibit ayam layer berkualitas ini penting?, hal itu dikarenakan bibit ayam ini yang akan menjadi jaminan apakah bisnis ayam Anda akan berhasil atau tidak. Pemilihan bibit ayam adalah manajemen awal yang sangat berpengaruh terhadap usaha ternak yang akan Anda geluti. Untuk bisa memilih bibit yang berkualitas Anda bisa datang langsung ke peternakan ayam layer kemudian bisa memilih bibit mana yang akan di ternakkan.

Manajemen Pemeliharaan Anak Ayam

Manajemen selanjutnya adalah Anda harus tahu manajemen pemeliharaan anak ayam. Sama seperti dengan ayam lainnya dimana anak ayamnya memiliki masa rentan. Oleh sebab itu di saat masa rentan tersebut Anda harus memperhatikan anak ayam layer yang Anda pelihara secara ekstra agar tidak banyak anak ayam yang mati dan penyakitan. Satu saja ada anak ayam yang penyakitan maka penyakit tersebut akan mudah menyebar dengan cepat.

Pakan

Pakan adalah salah satu faktor manajemen yang penting. Pakan yang berkualitas akan menghasilkan telur yang berkualitas pula. Bisa dipastikan bahwa telur ayam layer yang nutrisi pakannya terpenuhi akan menghasilkan telur yang berkualitas dibandingkan dengan yang pakannya tidak bernutrisi. Memberikan pakan ayam tidak hanya asal kenyang namun harus juga bernutrisi tinggi. Berikan pakan yang mengandung protein tinggi dan berikan pula vitamin dan mineral agar ayam tidak mudah terkena penyakit.

Kebersihan Kandang

Manajemen yang terakhir adalah kebersihan kandang. Kandang ini harus terjaga kebersihannya, selain itu kondisi teknis kandang harus diperhatikan. Hal itu dikarenakan kondisi teknis kandang yang salah justru tidak bagus untuk tumbuh kembang ayam. Ada beberapa jenis kandang yang bisa Anda pertimbangkan untuk ternak ayam layer ini misalnya saja adalah kandang panggung, dwiguna dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Meningkatkan Produktivitas Ayam Layer

Selain manajemen pemeliharaan yang bagus, Anda bisa melakukan beberapa cara yang bisa meningkatkan produktivitas dari ayam layer tersebut. Produktivitas yang meningkat ini bisa terlihat dari jumlah telur yang diproduksi semakin banyak, ukuran telurnya yang normal dan telur tidak mengalami kecacatan seperti cangkang yang rusak dan lain sebagainya. Cara agar meningkatkan produktivitas ayam menjadi meningkat adalah mencukupi kebutuhan nutrisi pakannya, dan sediakan minuman yang bersih dan segar agar pencernaan ayam tidak terganggu. Minuman yang kotor akan mengandung bakteri yang bisa mengganggu organ pencernaan sehingga penyerapan nutrisi menjadi kurang sempurna.

Baca juga : 3 Hal Yang Harus Diperhatikan dalam Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ayam

Agar menghasilkan telur ayam yang berkualitas, lakukanlah beberapa manajemen pemeliharaan ayam layer yang telah disebutkan di atas dengan baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *