3 Hal Yang Harus Diperhatikan dalam Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ayam

Kebutuhan Nutrisi Ayam
Kebutuhan Nutrisi Ayam

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ayam layer, para peternak harus memberikan pakan terbaik agar ayam layer tidak kekurangan gizi. Pakan terbaik yang diberikan pada ayam layer akan mendukung proses produksi telur ayam. Untuk ayam layer pada masa produktif misalnya, nutrisi dibutuhkan untuk mendukung perkembangan organ reproduksi. Jadi, ayam layer pada masa ini sangat butuh asupan nutrisi yang baik pada masa ini karena sangat penting untuk membantu proses pembentukan telur sehingga ayam lebih produktif.

Kebutuhan ayam layer yang sebagian besar datang dari pakan membuat peternak harus benar-benar memperhatikan komposisi pakan ayam layer. Pakan ayam layer sendiri bisa merupakan campuran berbagai macam bahan untuk pakan ternak. Namun, ada pula pakan organik yang berasal dari tumbuhan atau biji-bijian yang memang disukai oleh ayam. Biasanya pakan ayam layer yang lebih disukai ayam adalah dalam bentuk biji/butir karena sifat natural ayam sebagai pemakan biji-bijian. Ayam juga akan lebih suka pakan dalam bentuk biji-bijian atau butiran yang mencolok seperti biji atau butiran yang berwarna merah, hijau, kuning, atau orange. Apa pun bentuk dan campuran pakan ayam, pakan tersebut haruslah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ayam layer untuk bisa lebih produktif.

Baca juga : Hal Penting Harus Diperhatikan dalam Pemberian Pakan Ayam Broilers

Dalam pengelolaan pakan ayam layer, para peternak sebaiknya memerhatikan beberapa hal berikut ini agar ayam layer mendapatkan asupan nutrisi terbaik. Ayam layer yang mendapatkan asupan nutrisi terbaik dan sesuai dengan fase pertumbuhan ayam tentunya akan menghasilkan banyak telur dengan kualitas terbaik. Ayam dengan kualitas terbaik akan menjadi pendukung untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Ini karena telur sebagian besar digunakan untuk bahan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Karena itulah penting bagi ayam untuk mendapatkan pakan bergizi karena selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ayam layer, pakan ayam juga dibutuhkan agar telur yang dihasilkan ayam mempunyai kandungan nutrisi yang berkualitas tinggi serta layak untuk dikonsumsi.

  1. Penentuan jenis pakan

Produktivitas ayam layer sangat tergantung dari kualitas pakan yang diberikan. Maka itulah penentuan jenis pakan ini sangat penting sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ayam layer. Beberapa pakan ternak yang diproduksi dari pabrik atau peternakan yang membuat pakan dengan pengendalian mutu yang ketat akan sangat baik untuk mendukung produksi telur ayam. Pemberian pakan ini sebaiknya disesuaikan dengan jenis ayam layer dan juga fase pertumbuhan usia ayam. ini dimaksudkan agar ayam mendapatkan asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan ayam itu sendiri.

Baca juga : Cara Ternak Ayam Potong Agar Mendapatkan Daging Berkualitas

  1. Pergantian pakan

Seperti penentuan jenis pakan, pakan ayam layer sebaiknya diganti sesuai dengan fase atau masa pertumbuhan ayam. Hal ini terkait dengan kebutuhan nutrisi ayam layer dan energi yang berbeda pada tiap fase pertumbuhan ayam. Selain itu, pergantian pakan bermanfaat pada penghematan dan efisiensi pakan. Untuk mengurangi stress pada ayam, pergantian pakan di tiap fase pertumbuhan ayam bisa dilakukan secara perlahan.

  1. Penggunaan pakan tambahan

Pakan tambahan ini diperlukan untuk membantu mempercepat pertumbuhan ayam serta mempertahankan atau meningkatkan produksi telur ayam. Pakan tambahan ini juga bisa jadi pakan pelengkap atau feed supplement untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi ayam layer. Pakan tambahan ini bisa berupa vitamin saja, campuran vitamin dan mineral serta dapat juga campuran antara vitamin dan mineral. Pemberian pakan tambahan juga dapat membuat tubuh ayam kebal terhadap kuman, bakteri, serta virus penyakit yang dapat menjangkiti ayam seperti virus penyakit tetelo.

Baca juga : Mengenal DOC Ayam untuk Melihat Masa Depan Usaha Ayam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *