Mengenal DOC Ayam untuk Melihat Masa Depan Usaha Ayam

usaha ayam
usaha ayam

Day Old Chickens atau biasanya disingkat DOC ayam adalah anak ayam yang masih berumur 1 hari. Keberhasilan usaha dalam bisnis ternak ayam sangat ditentukan saat ayam masih dalam keadaan DOC. DOC ayam yang baik memiliki beberapa ciri-ciri seperti bergerak gesit dan lincah dan aktif mencari makan. Biasanya berat badan ideal seekor DOC ayam yang baik adalah 36 gram dengan kondisi mata bulat dan cerah. Beberapa ciri DOC ayam yangbaik di antaranya adalah perut DOC ayam yang memiliki rongga perut yang elastis dan pusarnya tertutup bulu yang cukup halus seperti kapas dan berwarna mengkilap. Penting untuk setiap peternak ayam untuk mengetahui kondisi DOC ayam seperti yang tersebut di atas. Hal ini karena karakteristik tersebut bisa memengaruhi pertumbuhan ayam ke depannya.

Baca juga : Bagaimana Cara Mengolah Potongan Karkas Ayam yang Sehat?

Membedakan Jenis Kelamin DOC Ayam

DOC Ayam yang berumur kurang dari satu bulan memang sulit untuk dibedakan jenis kelaminnya. Para peternak ayam menggunakan beberapa cara untuk membedakan jenis kelamin DOC ayam. Ada peternakan yang membedakan jenis kelamin DOC ayam dengan cara melihat jengger, bulu, atau kaki DOC ayam. Ada pula peternak DOC ayam yang melihat jenis kelamin DOC ayam dari kloaka anak ayam. Dengan metode melihat kloaka, para peternak sudah bisa memastikan jenis kelamin DOC ayam sehari setelah anak ayam lahir. Kloaka sendiri adalah lubang belakang di tubuh DOC ayam yang berfungsi sebagai satu-satunya lubang saluran pencernaan, urin, dan genital seperti pada spesies tertentu seperti burung, reptile, amfibi, dan ikan. Metode ini memang lebih tepat untuk memastikan jenis kelamin DOC ayam, tapi dibutuhkan keterampilan dan pengalaman untuk melakukan metode ini.

Dua Tipe DOC Ayam

DOC ayam bisa dibedakan menjadi dua tipe bibit ayam ras petelur.

Baca juga : Daging Ayam Broiler Terbaik untuk Kesehatan Tubuh

DOC Ayam Tipe Ringan

DOC ayam tipe ringan adalah ayam yang dikhususkan untuk menjadi ayam petelur. DOC ayam tipe ini semua sumber dayanya dikondisikan untuk menghasilkan telur saja. Ciri fisik yang dimiliki oleh DOC ayam tipe ringan adalah berjengger tunggal dengan ukuran besar dan jatuh kesamping, memiliki mata cerah, berbadan kecil dan ramping, serta bergerak aktif dan lincah. Untuk DOC ayam tipe ringan ini sudah bisa menghasilkan telur saat berumur 4 bulan. DOC ayam tipe ringan menghasilkan jumlah telur yang banyak dengan kulit telur yang agak tipis berwarna putih.

DOC Ayam Tipe Sedang

Anak ayam tipe ini lebih dikondisikan untuk melakukan 2 tugas yakni sebagai ayam petelur dan juga untuk diambil dagingnya. Karena dua kegunaan yang dimiliki DOC ayam tipe ini, maka ayam tipe ini disebut juga ayam dwi guna. Meskipun demikian, sumber daya DOC ayam tipe sedang lebih diarahkan untuk memproduksi telur dibanding untuk menjadi ayam yang menghasilkan daging. Ciri fisik yang dimiliki DOC Ayam tipe sedang adalah badannya yang berukuran besar dengan otot kaki dan dada yang lebih tebal. Biasanya DOC ayam tipe sedang banyak memiliki daging di sekitar kaki dan dada karena ototnya yang besar di area tersebut. tidak seperti DOC ayam tipe ringan yang lincah dan gesit, DOC ayam tipe sedang bergerak dengan tenang. DOC ayam tipe ini menghasilkan telur yang banyak pertahunnya dengan kondisi kulit telur yang tebal dan berwarna coklat.

DOC ayam tipe sedang memang banyak dipilih oleh para peternak karena memilki dua kegunaan, yakni untuk menghasilkan telur dan sebagai ayam pedaging. Selain produksi telur yang banyak, daging yang dihasilkan oleh DOC ayam tipe sedang juga memiliki kualitas yang bagus sehingga para peternak biasanya akan memilih ayam yang mendatangkan banyak keuntungan untuk masa depan usaha ternak ayam mereka ke depannya.

Baca juga : Persiapan Wajib Sebelum Memelihara DOC Ayam Petelur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *