Persiapan Wajib Sebelum Memelihara DOC Ayam Petelur

Memelihara DOC Ayam Petelur
Memelihara DOC Ayam Petelur

Memelihara DOC ayam petelur yang sehat biasanya berasal dari induk yang sehat dengan proses penetasan yang baik. Maka dari itu, untuk mendapatkan DOC ayam petelur harus berasal dari induk yang bisa menghasilkan telur dalam jumlah maupun kualitas telur yang baik. Dalam proses penyambutan telur ayam petelur yang akan menetas, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk kandang DOC ayam petelur.

Seluruh sisi ruangan kandang DOC ayam petelur harus dicuci bersih. Kandang harus terjamin bersih dari hama penyakit dan kandang harus diistirahatkan minimal selama 21 hari sebelum diisi oleh DOC ayam petelur. Setelah DOC menetas, kandang juga harus disemprot desinfektan sebelum DOC ayam petelur dipindahkan ke kandang. Persiapan sterilisasi kandang harus dilakukan dengan benar-benar bersih karena memelihara DOC ayam petelur yang baru menetas masih sangat sensitif dan bisa tertular penyakit yang mungkin dibawa ayam dewasa.

Baca juga : Pengaruh Kondisi Kandang Ayam DOC dengan Kualitas Pertumbuhan Ayam

Kandang harus diberi pembatas agar DOC ayam petelur tidak beraktivitas terlalu jauh dari kandang dan tempat makan dan minum. Selain itu, pembatas kandang diperlukan karena jangkauan DOC ayam petelur masih sangat terbatas. Pembatas kandang ini pun diperlukan untuk menjaga agar DOC ayam petelur terlindungi dan aman dari ancaman di luar kandang dan di sekitar peternakan seperti binatang buas atau hilang dari peternakan. Pembatas dalam kandang DOC ayam petelur juga harus diperlebar mengikuti perkembangan DOC ayam petelur dengan tujuan untuk memberikan ruang gerak lebih bagi DOC ayam petelur.

DOC ayam petelur harus mendapatkan suhu udara yang hangat agar dapat tumbuh dengan baik. Ini mengapa suhu dalam kandang DOC ayam petelur harus diatur dengan menyiapkan pemanas kandang. Pemanas kandang ini diperlukan agar DOC ayam petelur mudah beradaptasi dengan kondisi kandang setelah pindah dari eraman induk ayam. Eraman induk ayam petelur biasanya lebih hangat dari kondisi suhu di sekitar kandang, belum lagi perubahan suhu pada siang dan malam hari pun dapat menyebabkan DOC ayam petelur sulit untuk beradaptasi jika tanpa pengaturan suhu udara dalam kandang. Karena itulah, agar DOC ayam petelur tetap nyaman dan tidak mudah sakit karena perubahan suhu, maka suhu dalam kandang harus benar-benar diatur untuk menghangatkan DOC ayam petelur. Biasanya indukan buatan digunakan agar DOC ayam petelur tetap mendapatkan panas yang sesuai untuk tubuhnya. Indukan buatan ini disebut juga box DOC yang merupakan sumber pemanas dari luar yang berfungsi sebagai induk untuk memberi kehangatan pada DOC ayam petelur.

Baca juga : 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Ternak Ayam Petelur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *