4 Cara Karkas Ayam untuk Fried Chicken yang Baik dan Benar

karkas ayam fried chicken

Fried chicken ini menjadi salah satu olahan dari bahan dasar ayam yang banyak disukai oleh masyarakat, tidak hanya anak kecil namun orang dewasa pun banyak yang menyukainya. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang crunchy membuat siapapun suka dengan olahan satu ini.

Sayangnya tidak semua daging bisa dijadikan fried chicken, hanya daging ayam broilerlah yang cocok dijadikan sebagai daging fried chicken ini dikarenakan mudah matang, tekstur daging empuk, dan bisa matang sampai ke bagian daging terdalam. Meski begitu tidak semua daging karkas broiler bisa dijadikan fried chicken, berikut adalah beberapa cara karkas ayam untuk fried chicken yang baik dan benar:

Kulit Tebal

Tips memilih cara karkas ayam untuk fried chicken yang pertama adalah pilihlah yang kulitnya tebal. Jika kulit daging karkas tipis maka rasanya akan berbeda karena kurang gurih.

Lemak Tebal

Untuk dijadikan fried chicken pilihlah daging karkas ayam yang memiliki lemak tebal. Kulit yang tebal biasanya diiringi dengan lemak daging yang tebal, sehingga rasanya akan benar-benar pas, gurih dan juga menggugah selera. Daging karkas yang di fillet tidak cocok untuk diolah menjadi fried chicken karena rasanya kurang gurih. Selain itu tepung yang membalut daging tidak akan melekat dengan sempurna.

Baca Juga : Membedakan Karkas Ayam yang Bersih, Busuk dan Rekondisi 

Daging Mentah

Fried chicken pada dasarnya dibuat dari daging ayam broiler yang mentah. Oleh sebab itulah daging broiler ini cocok untuk dijadikan olahan fried chicken dikarenakan mudah matang, mudah empuk sampai ke bagian daging terdalam. Coba dibayangkan jika menggunakan daging ayam kampung, tepung pembalut daging sudah berwarna cokelat keemasan namun teksturnya masih terlalu kenyal apalagi bagian daging terdalam masih mentah, oleh sebab itulah jangan bereksperimen membuat fried chicken dengan daging ayam yang lainnya.

Karkas Segar

Daging karkas yang cocok dijadikan sebagai olahan fried chicken adalah karkas segar bukan karkas beku. Daging karkas yang segar rasanya akan sangat pas jika dijadikan fried chicken ini. Oleh sebab itu banyak pebisnis fried chicken yang bekerja sama dengan rumah pemotongan ayam untuk bisa mendapatkan daging karkas yang segar setiap harinya.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Komponen Karkas Ayam

Kesalahan dalam Pembuatan Fried Chicken

Meski dagingnya sudah pas dan benar, namun ada juga beberapa kesalahan yang mana membuat olahan fried chicken tersebut menjadi tidak renyah dan kurang pas. Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan:

  1. Ayam tidak di marinasi

Sebelum dicelupkan ke tepung, ayam harus di marinasi terlebih dahulu yaitu melumurinya dengan bumbu, kemudian didiamkan selama 4 jam sebelum dilumuri tepung. Tujuan perendaman ini berfungsi untuk membuat bumbu tersebut terserap secara sempurna sampai ke bagian daging terdalam. Selain itu marinasi ini juga bermanfaat untuk membuat tekstur daging juicy dan lembap meski setelah matang.

  1. Urutan pelumuran tepung

Kesalahan dalam pelumuran tepung ini akan membuat fried chicken tidak menjadi seperti yang diharapkan. Yang sering terjadi saat membuat fried chicken bagi pemula adalah salah dalam urut-urutannya sehingga tekstur dagingnya tidak sesuai harapan.

  1. Minyak dingin

Untuk membuat tekstur fried chicken yang dimasak renyah adalah masak ketika minyak sudah panas, hindari memasukkan daging ketika minyak masih dalam kondisi dingin atau setengah panas. Selain itu hindari menggoreng fried chicken dengan minyak jelantah, selain tidak bagus untuk kesehatan minyak tersebut akan membuat warna dari fried chicken tersebut tidak menarik.

Demikianlah cara karkas ayam untuk fried chicken yang penting diperhatikan, semoga infomasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *