Ingin Mengenal Karkas Ayam yang Benar? Informasi di Artikel Ini Bisa Membantu Anda!

mengenal karkas ayam

Untuk bisa menjalankan bisnis dengan baik dan benar dibutuhkan informasi yang lengkap dan tepat yang berhubungan dengan bisnis tersebut. Begitu pula jika ingin menggeluti bisnis karkas ayam, Anda harus bisa mengetahui beberapa informasi penting tentang karkas tersebut. Selain itu Anda juga harus memiliki skill yang mumpuni seperti skill untuk memotong karkas ayam yang baik dan benar, skill untuk menangani karkas dengan baik dan benar, dan masih banyak lagi lainnya. Berikut ini adalah beberapa informasi penting yang akan membantu Anda untuk bisa mengenal karkas ayam yang benar:

Pengertian Karkas Ayam

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum mengetahui informasi lainnya tentang karkas ayam adalah pengertian tentang karkas ayam itu sendiri. Karkas ayam adalah daging ayam yang sudah dipotong, kemudian dihilangkan bulunya, jeroannya, kepalanya, dan juga cekernya. Ayam karkas yang praktis banyak dijual di supermarket, pasar tradisional, dan juga penjual sayur rumahan. Karena sudah dihilangkan beberapa komponennya berat ayam yang masih hidup dengan daging karkas ini berbeda dimana ayam yang masih hidup lebih berat dibandingkan dengan daging karkas.

Proses Pembuatan Ayam Karkas

Untuk menjadikan ayam hidup sebagai daging karkas harus diproses sedemikian rupa. Cara dan teknik yang salah akan menyebabkan daging karkas menjadi membusuk dan tidak berkualitas. Simak proses pembuatan ayam karkas yang benar berikut ini:

  1. Pemotongan

Untuk bisa mengenal karkas ayam yang benar penting bagi Anda untuk tahu seperti apa pemotongan ayam yang baik dan benar. Pemotongan yang salah hanya akan menyebabkan ayam menjadi stress dan hal tersebut menyebabkan daging karkas menurun kualitasnya. Untuk membuat ayam tidak stress ayam harus dipisahkan terlebih dahulu dari ayam lainnya, selain itu sebelum dipotong ayam tidak diberikan pakan selama 3 jam. Potong tepat di pembuluh darah leher yang dimiliki oleh ayam.

Baca Juga : 5 Jenis Potongan Ayam yang Wajib Diketahui Pebisnis

  1. Penuntasan darah

Penuntasan darah ini sangat penting untuk membuat daging karkas tidak menjadi mudah busuk. Daging yang mudah busuk meski baru beberapa jam di suhu ruangan ini disebabkan oleh darah yang kurang tuntas. Silahkan gantungkan daging ayam yang sudah disembelih dengan posisi kaki di atas sehingga darah akan mengalir melalui leher. Penanganan darah ini juga harus higienis dan benar tujuannya agar darah tidak meluber kemana-mana. Saat daging karkas kehilangan semua darahnya bobot daging karkas akan menjadi berkurang.

  1. Penghilangan bulu

Proses selanjutnya adalah bulu yang melekat di daging karkas tersebut dihilangkan. Jangan menganggap remeh bulu ini karena banyak masyarakat atau konsumen yang merasa risih jika masih banyak bulu yang melekat pada daging sehingga bulu harus benar-benar bersih.

  1. Dressing

Langkah selanjutnya untuk memproses ayam menjadi karkas adalah dressing. Yang disebut dressing adalah menghilangkan bagian-bagian tertentu daging karkas tersebut seperti jeroan, kepala, dan juga cekernya. Ada juga yang menghilangkan bagian sayap kecil pada daging.

Baca Juga : Peluang dan Kelebihan Bisnis Karkas Ayam

  1. Cuci Karkas

Langkah  terakhir untuk pemrosesan daging karkas adalah pencucian daging karkas. Setelah di dressing daging harus dicuci dengan air yang mengandung desinfektan yang mana aman untuk makanan tujuannya supaya bakteri pada daging menjadi hilang.

Mutu Karkas Ayam

Untuk bisa mengenal karkas ayam yang benar Anda juga harus tahu seperti apa karkas ayam yang berkualitas tersebut. Karkas ayam akan bermutu tinggi dan berkualitas jika tidak ada kecacatan di dalamnya selain itu bobotnya normal tidak di bawah dari bobot standar.

Berbisnis yang berhubungan dengan unggas memang tidak mudah karena Anda harus benar-benar paham dengan apa yang Anda jual tersebut. Dengan beberapa informasi penting yang disebutkan di atas Anda bisa mengenal karkas ayam yang benar dimana sangat penting untuk membantu performa bisnis yang Anda jalankan.

Baca Juga : Kriteria Karkas Ayam yang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *