Ini Dia 5 Jenis Potongan Ayam dan Penjelasannya yang Wajib Diketahui Pebisnis Pemula!

potongan karkas ayam

Jenis potongan ayam dan penjelasannya harus diketahui bagi pebisnis pemula. Potongan yang salah hanya akan menimbulkan complain dan mempengaruhi performa bisnis ke depannya. Keinginan konsumen tersebut beragam, sehingga mereka tidak hanya membutuhkan satu jenis potongan saja.  Yang harus diperhatikan oleh pebisnis adalah ada konsumen yang menginginkan potongan ayam bagian tertentu saja, namun ada juga yang menginginkan karkas ayam dengan jumlah potongan tertentu. Harga yang ditawarkan tiap-tiap potongan tersebut berbeda.

Pebisnis bisa bertanya kepada konsumen ingin mendapatkan potongan bagian karkas tertentu atau mendapatkan daging karkas dengan jumlah potongan tertentu supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman dan komplain.

Baca Juga : Tips Bisnis Karkas Ayam Agar Mendapat Profit Besar

Potongan Karkas Ayam

Berikut ini adalah beberapa jenis potongan ayam dan penjelasannya yang penting sekali diketahui oleh pebisnis terutama pemula:

  1. Karkas ayam utuh

Jenis yang pertama adalah karkas utuh. Karkas ayam utuh ini sering dijadikan sebagai bahan ater-ater syukuran atau hajatan.  Karkas ayam utuh ini memiliki harga yang berbeda-beda disesuaikan dengan berat dari daging karkas tersebut.

  1. Setengah

Jenis potongan ayam setengah adalah karkas ayam utuh yang kemudian dibagi menjadi dua bagian sama besar. Untuk potongan jenis satu ini banyak digunakan di hajatan pernikahan atau ater-ater syukuran dan lain sebagainya. Pebisnis karkas harus tahu bagaimana cara memotong karkas ayam utuh menjadi setengah bagian sama besar. Kesalahan dalam pemotongan hanya akan menyebabkan besarnya daging menjadi tidak sama rata.

  1. Potongan Seperempat

Selain potongan setengah masih ada jenis potongan seperempat. Potongan ini masih sama digunakan untuk ater-ater atau hajatan pernikahan. Untuk menghasilkan potongan ini adalah dengan membagi karkas potongan setengah menjadi empat bagian sama besar.

  1. Potongan Delapan

Jenis potongan ini ukurannya lebih kecil dari seperempat sehingga cocoknya untuk menu nasi box atau menu untuk suguhan tamu. Banyak pebisnis yang belum bisa memotong daging karkas dengan potongan delapan sama besar sehingga harus terus berlatih supaya bisa menghasilkan jumlah potongan sama.

  1. Potongan Lainnya

Sehabis potongan delapan masih ada beberapa jenis potongan ayam dan penjelasannya yang harus diketahui pebisnis karkas pemula. Selain potongan delapan ada potongan sepuluh yang mana cocok untuk dikonsumsi pribadi, selain itu ada juga potongan duabelas, dan juga potongan empat belas. Setelah potongan empat belas pebisnis karkas tidak bisa memotong potongan lebih kecil karena jika dimasak tekstur daging tersebut akan mudah hancur. Selain itu memotong daging lebih dari empat belas akan kesulitan terutama bagi pebisnis karkas pemula.

Baca Juga : Penyebab Bisnis Karkas Ayam Menjadi Sukses Atau Gagal

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memotong Ayam

Bagi pebisnis karkas terutama pemula harus memperhatikan beberapa hal yang berpengaruh terhadap sukses atau tidaknya pemotongan yang dilakukan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan pebisnis saat pemotongan karkas ayam:

  1. Kebersihan peralatan

Hal yang harus diperhatikan oleh pebisnis saat akan memotong ayam adalah kebersihan peralatan yang akan digunakan seperti pisau daging, talenan, alas untuk pemotongan daging, dan lain sebagainya. Daging yang akan dipotong tersebut akan dikonsumsi konsumen sehingga benar-benar dijaga kebersihannya.

  1. Kebersihan diri

Kebersihan diri saat melakukan pemotongan juga harus diperhatikan. Gunakan sarung tangan dan masker supaya tidak ada kuman yang menular ke daging. Selain itu jagalah daging dari serangan lalat dan hewan lainnya.

  1. Ketajaman pisau

Pisau daging yang tajam sangat penting untuk kesuksesan pemotongan. Tanpa pisau daging yang tajam akan membuat potongan menjadi tidak rapi dan banyak daging yang tercecer.

  1. Teknik yang benar

Supaya saat dipotong posisi daging tidak meleset, pegang daging pakai tangan kiri dan pisau di tangan kanan. Berhati-hatilah supaya pisau tidak justru meleset ke tangan.

Demikianlah beberapa jenis potongan ayam dan penjelasannya yang sangat penting diketahui oleh pebisnis, semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga : Tips Agar Perhitungan Karkas Ayam Tepat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *