4 Tips Agar Perhitungan Karkas Ayam Tepat

Perhitungan Karkas Ayam

Perhitungan karkas ayam berbeda dengan yang masih hidup. Hal itu dikarenakan ayam yang masih hidup masih memiliki organ yang lengkap berbeda saat dijadikan ayam karkas. Saat menjadi ayam karkas berat akan menjadi menurun karena beberapa organ ayam dikeluarkan dari tubuh dan dijual secara terpisah. Daging karkas sudah dibului, dihilangkan kepala, kakinya dan juga jeroannya, sehingga beratnya pun akan menurun drastis.

Sebagai peternak harus tahu seperti apa perhitungan karkas ini, agar saat dijual ke konsumen bisa memastikan berapa pemasukan yang didapatkannya dari berjualan daging karkas ini. Penghitungan yang salah akan menyebabkan peternakan mengalami kerugian.

Baca juga : 6 Ciri Karkas Ayam Berkualitas Menurut Ayamkita.com

Menghitung Karkas Ayam

Untuk bisa menghitung berat daging karkas yang tepat, Anda bisa melakukan tips berikut ini:

  1. Menghitung berat ayam sebelum dijadikan karkas. Misalnya sebelum dibului, dan dihilangkan kepala atau kakinya timbang daging karkas dengan baik dan benar.
  2. Setelah dibului timbang kembali daging tersebut, setelahnya Anda bisa menghilangkan kepala, kaki dan jeroannya.
  3. Timbang kepala, kaki dan jeroan daging karkas tersebut maka Anda akan menemukan berat daging karkas tersebut, tulis di catatan.
  4. Lakukan pada daging karkas lainnya, hal itu dikarenakan berat daging karkas satu dengan yang lainnya berbeda.

Menghasilkan Daging Karkas yang Maksimal

Jika perhitungan karkas ayam banyak menunjukkan angka normal, maka hal tersebut menjadi prestasi bagi peternakan Anda. Daging karkas yang memiliki berat normal menjadi tanda bahwa ayam tersebut dipelihara dengan baik selama di peternakan. Bagi yang belum mendapatkan berat daging karkas yang maksimal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat berat daging karkas menjadi maksimal pada ternak ayam selanjutnya seperti berikut ini:

Memilih Ras yang Tepat

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memilih ras pedaging yang paling mudah diternakkan dan dagingnya mudah bertambah dengan cepat. Ayam pedaging ini tidak hanya ada satu macam saja namun ada beberapa macam. Misalnya ayam broiler yang mana bisa dipanen lebih cepat dibandingkan dengan ayam pedaging lainnya. Jika Anda ingin bisnis yang perputaran modalnya cepat bisa memilih ras ayam broiler yang bisa cepat dipanen.

Baca juga : 3 Cara Perhitungan Karkas Ayam yang Tepat

Memisahkan Ayam Berdasarkan Jenis Kelamin

Untuk bisa menghasilkan daging karkas yang maksimal Anda harus memisahkan ayam berdasarkan jenis kelaminnya. Misalnya ayam betina jangan dicampurkan dengan  yang jantan.  Jika dicampurkan bisa menyebabkan pakan menjadi tidak merata sebab ayam jantan akan mendominasi. Ketika hal tersebut terjadi terus menerus akibatnya berat badan ayam menjadi tidak merata. Ayam yang memakan pakan lebih banyak memiliki berat yang lebih besar dibandingkan yang memakan pakan lebih sedikit. Untuk menghindarinya Anda harus memastikan pakan ayam merata dan semua ayam mendapatkan jatah pakan secara cukup.

Memanen di Usia yang Matang

Agar bisa mendapatkan perhitungan karkas ayam yang maksimal adalah Anda harus memanen di usia yang matang. Ayam broiler ini memiliki periodenya masing-masing, yaitu starter, grower dan juga finisher. Untuk dipanen ayam broiler harus memasuki periode finisher sehingga berat badan dan dagingnya tumbuh berkembang dengan maksimal.

Pakan

Karkas ayam yang memiliki berat yang maksimal disebabkan oleh pakan yang bernutrisi. Agar ayam memiliki bobot yang normal berikanlah energi dan protein yang cukup agar beratnya menjadi bertambah. Selain kedua nutrisi tersebut, Anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi lainnya seperti lemak, serat dan lain sebagainya. Kebutuhan air minum pada ayam pun tidak boleh terputus supaya semua nutrisi tersebut bisa terserap ke dalam tubuh dengan sempurna.

Baca juga : Cara Pengolahannya Daging Karkas Frozen yang Benar

Demikianlah perhitungan karkas ayam yang penting Untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *