5 Cara Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Ayam Layer Paling Efisien

Kebutuhan Nutrisi Ayam Layer (2)

Ayam layer harus dicukupi nutrisinya dengan baik, tujuannya agar mampu produktif dan menghasilkan telur yang berkualitas. Telur yang berkualitas akan banyak dicari oleh konsumen, berbeda dengan yang tidak berkualitas bisa membuat konsumen kapok membelinya. Salah satu cara untuk membuat telur ayam layer menjadi berkualitas adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisinya. Setiap periode ayam layer memiliki kebutuhan nutrisinya masing-masing. Jangan sampai kelebihan atau kurang sebab yang kurang atau berlebihan tidak bagus untuk kesehatan ayam.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Ayam Layer

Ada beberapa cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ayam layer ini, yang mana jika dilakukan dengan baik dan benar tumbuh kembang ayam akan bisa menjadi maksimal. Bagi peternak ayam layer yang sudah berpengalaman tentu sudah tahu bagaimana mencukupi nutrisi ayam layer dengan baik, namun tidak bagi pemula. Berikut ini adalah beberapa cara mencukupi nutrisi ayam layer yang harus diperhatikan dengan saksama:

Baca juga : 6 Tips Pemberian Pakan Ayam Layer yang Tepat

Takaran Nutrisi

Cara pertama adalah Anda harus takaran nutrisi yang diperlukan oleh masing-masing ayam tersebut. Misalnya adalah untuk ayam periode grower atau DOC nutrisinya berbeda dengan periode grower dan juga layer. Untuk bisa mengetahui takaran nutrisi yang pasti pada masing-masing periode Anda bisa berkonsultasi dengan peternak yang lebih pengalaman atau dari komunitas peternak ayam. Dalam komunitas tersebut setiap anggota tidak akan pelit untuk membagikan informasi tentang takaran nutrisi ayam layer yang tepat.

Cukupi Lemak dengan Baik

Salah satu cara memenuhi kebutuhan nutrisi ayam layer yang bisa dilakukan adalah mencukupi kebutuhan lemak pada ayam dengan baik. Hal itu dikarenakan setiap periode membutuhkan lemak ini untuk bisa tumbuh dan berkembang baik dari periode starter sampai dengan layer.

Energi untuk DOC

Cara memenuhi kebutuhan nutrisi ayam jenis layer selanjutnya dengan mencukupi energi DOC ayam. Sebelum Anda memikirkan takaran nutrisi yang lainnya untuk DOC, berikanlah energi untuk DOC ayam agar bisa kuat dan sehat di peternakan. DOC membutuhkan air gula yang mengandung banyak energi yang mana bisa membuat DOC ayam menjadi lincah dan bertenaga.

Baca juga : 8 Kebutuhan Nutrisi Ayam Layer Sesuai Satu Periode Ternak

Pemerataan Nutrisi

Mungkin Anda sudah merasa memberikan nutrisi pakan ayam dengan baik, namun pernah menemukan ada satu atau beberapa ayam yang berat badannya jauh dari kata normal. Ayam yang mengalami keterlambatan tumbuh kembang ini bisa disebabkan oleh nutrisi yang kurang merata. Setiap ayam memiliki karakter berbeda sehingga Anda perlu mengawasi masing-masing ayam tersebut. Setiap makan, dampingilah ayam tersebut agar semuanya makan dengan lahap dan mendapatkan nutrisi yang sama. Jika pemerataan nutrisi ini tidak dilakukan, ada ayam yang sangat gemuk namun yang kurus juga ada.

Air Minum

Air minum yang cukup adalah salah satu kebutuhan nutrisi yang tidak boleh disepelekan. Jika ayam kurang minum bisa menyebabkan dehidrasi dan pemecahan nutrisi tidak bisa dilakukan dengan baik. Buat tempat pakan ayam dan minum berdampingan sehingga ayam tersebut akan mudah menjangkau makanan dan minumannya.

Dampak Nutrisi Ayam Layer yang Kurang Baik

Jika peternak hanya memberikan pakan asal kenyang, akan ada beberapa dampak yang bisa didapatkan misalnya saja adalah telur ayam kurang berkualitas, tumbuh dan kembang ayam  terganggu ditandai dengan tidak bertambahnya bobot dan tubuh mengalami kekerdilan.

Baca juga : Cara Manajemen Pemeliharaan Ayam Layer Baik dan Benar

Agar dampak negatif tidak terjadi atau menimpa peternakan perhatikanlah asupan makanan dan minuman ayam layer tersebut. Pastikan kebutuhan nutrisi ayam layer semua periode tercukupi agar tumbuh dan kembangnya maksimal sehingga hasil peternakan bisa sesuai dengan yang diharapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *