Cara Manajemen Pemeliharaan Ayam Layer Baik dan Benar

Cara Manajemen Pemeliharaan Ayam

Untuk bisa membuat ayam menjadi lebih produktif dibutuhkan manajemen yang bagus. Manajemen ini dibutuhkan dalam berbagai macam peternakan ayam, tidak hanya layer saja namun ayam kampung, dan broiler pun membutuhkan manajemen yang baik. Manajemen yang bagus akan membuat produktivitas ayam layer akan menjadi meningkat. Biasanya ayam petelur jenis layer ini bisa menghasilkan telur yang cukup banyak namun waktunya singkat. Yang harus diperhatikan oleh peternak adalah tidak selamanya ayam layer tersebut usianya produktif sehingga ketika usianya dalam masa produktif harus diberikan perawatan dan pemeliharaan yang baik. Berikut ini adalah cara manajemen pemeliharaan ayam layer yang baik dan benar yang bisa peternak lakukan:

Baca juga : Pentingnya Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Kandang Ayam Layer

Memiliki Ilmu yang Cukup

Beternak ayam ini ada caranya sendiri. Oleh sebab itu sebagai peternak jangan asal nekat dalam menggeluti bisnis namun dituntut untuk memiliki ilmu dan wawasan yang cukup. Ilmu yang harus dimiliki oleh peternak ayam misalnya saja adalah pemilihan bibit yang tepat, tahu bagaimana cara memberikan makanan yang benar, memiliki manajemen yang baik, tahu bagaimana cara mencegah dan memberantas penyakit serta memiliki ilmu marketing yang cukup. Bisa jadi kegagalan dalam beternak ayam bukan dari segi teknisnya namun dari sisi intern peternak itu sendiri. Meski memiliki modal yang cukup namun peternak tersebut belum memiliki ilmu yang cukup kegagalan sangat rentan sekali.

Memperhatikan Usia Produktif

Manajemen pemeliharaan ayam layer yang baik adalah memperhatikan usia produktif. Ayam layer yang memiliki usia produktif harus Anda tandai dengan baik, sehingga pemeliharaannya bisa dilakukan dengan cara maksimal.  Untuk ayam yang sudah tidak produktif lagi bisa diafkirkan. Menunda pengafkiran ayam yang sudah tidak produktif sama saja mengurangi keuntungan di dalam peternakan Anda.

Baca juga : Cara Meningkatkan Produktivitas Peternakan Ayam Layer

Biaya untuk Mencegah Penyakit

Saat melakukan manajemen salah satu hal yang dipikirkan adalah biaya yang dikeluarkan untuk operasional peternakan tersebut. Biaya yang harus Anda pikirkan adalah untuk mencegah penyakit. Setiap makhluk hidup tersebut rentan untuk terkena penyakit, sehingga bisa merinci biaya yang harus Anda keluarkan untuk pencegahan penyakit ayam ini. Mencegah penyakit sangat penting sebab jika banyak ayam yang mati maka itu akan merugikan Anda, tidak hanya kehilangan uang untuk berobat namun produksi ayam tersebut akan menurun.

Makanan

Manajemen selanjutnya yang harus Anda pertimbangkan dengan baik adalah memperhatikan makanan yang dimakan oleh ayam tersebut. Makanan adalah salah satu pendukung produktivitas ayam, jika makanannya tidak terpenuhi maka ayam akan menjadi tidak produktif. Oleh sebab itu Anda harus mencukupi kebutuhan nutrisi ayam tersebut yang mana harus disesuaikan dengan periodenya. Memberikan pakan kepada ayam ini jangan asal kenyang saja namun harus memenuhi standar nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam.

Kandang

Manajemen yang baik selanjutnya adalah mengatur kandang yang ideal bagi peternakan ayam. Ayam layer ini memiliki kandang ideal yang harus Anda penuhi. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah pengaturan udara di dalam kandang. Jangan sampai udara di dalam kandang terlalu dingin atau panas sebab bisa mengganggu metabolisme ayam sehingga kekebalan tubuh ayam menjadi menurun.

Penghangat

Kesuksesan peternakan ayam tergantung dengan pemeliharaan DOCnya. Ilmu pemeliharaan DOC ini juga harus Anda ketahui dengan baik. Agar DOC memiliki ketahanan tubuh yang bagus Anda harus memberikannya brooder atau penghangat di dalam kandang. Aturlah suhunya sesuai dengan kebutuhan DOC ayam.

Baca juga : Benarkah Kualitas Kandang Ayam Layer Memengaruhi Kualitas Telur?

Demikianlah manajemen pemeliharaan ayam layer yang penting untuk dilakukan peternak, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *