5 Bagian Bagian Karkas Ayam yang Sering Dibutuhkan Konsumen

bagian-bagian karkas ayam

Karkas ayam adalah daging ayam yang sudah dihilangkan jeroannya, dihilangkan bulunya, kepalanya, dan juga cekernya. Kondisi daging yang sudah bersih bisa langsung diolah dengan praktis, sehingga tidak mengherankan jika karkas ayam ini banyak disukai oleh masyarakat terutama ibu-ibu. Selain itu karkas ayam juga sering dijadikan sebagai suguhan di hajatan pernikahan, syukuran, dan acara-acara lainnya.

Melihat peluang tersebut tidak mengherankan jika banyak yang ingin menggeluti bisnis karkas ayam ini. Selain mengetahui komponen apa saja yang menjadi penyusun karkas ayam, penting bagi pebisnis untuk tahu apa saja yang menjadi bagian bagian karkas ayam tersebut. Jika tidak mengetahuinya menyebabkan salah saat melayani konsumen. Bisa dikatakan bahwa bagian karkas ini menjadi ilmu dasar yang penting dimiliki oleh pebisnis karkas ayam. Bagi yang ingin menggeluti bisnis karkas ayam, simak bagian karkas ayam yang banyak dibutuhkan konsumen seperti berikut ini:

Dada

Dada menjadi salah satu dari bagian bagian karkas ayam yang tidak mengandung banyak tulang. Pemotongan dada dari daging karkas pun penting untuk diketahui supaya bisa menghasilkan potongan yang sama. Karena tidak mengandung banyak tulang, dada cocok dijadikan sebagai daging untuk campuran soup. Meski begitu bagi konsumen yang menyukai kombinasi tulang yang dominan dibandingkan dengan daging, jarang yang memilih bagian karkas jenis ini.

Baca Juga : Tips Menggeluti Bisnis Karkas Ayam

Paha Bawah

Bagian karkas selanjutnya yang penting diketahui oleh pebisnis karkas adalah paha bawah. Bagian karkas paha bawah ini menjadi kegemaran masyarakat dan menjadi best seller karena harganya yang merakyat. Pada saat acara tertentu yang mana harus menggunakan nasi box paha bawah inilah yang sering digunakan. Yang sering menjadi kendala bagi pebisnis karkas adalah banyak konsumen yang menginginkan bagian paha dengan jumlah potongan tertentu padahal ukuran paha yang tidak sama membuat jumlah potongannya menjadi tidak sama

Paha Atas

Harga paha atas lebih mahal dibandingkan dengan yang paha bawah. Hal itu dikarenakan paha atas ini massanya lebih berat dan rasanya lebih gurih dikarenakan didominasi dengan tulang, kulit, dan juga lemak yang tebal. Dengan ciri khasnya tersebut membuat paha atas ini cocok dijadikan sebagai olahan fried chicken atau Kentucky.

Sayap

Bagian karkas ini sangat disukai oleh anak kecil karena memiliki cita rasa yang gurih dan juga daging yang lembut. Sayap ini juga menjadi bagian dari daging karkas yang tidak membutuhkan waktu lama untuk memasaknya. Over cooking hanya akan membuat sayap menjadi hancur teksturnya.

Brutu

Meski terlihat sepele, brutu ayam ini juga menjadi bagian dari karkas ayam karena bagian ini tidak dihilangkan saat proses pembuatan daging karkas ayam. Brutu ini memiliki harga termurah dan banyak dijual di angkringan atau di warung makan. Biasanya brutu ini diolah dan dijadikan menjadi sate. Tidak semua orang boleh mengonsumsi brutu karena kandungan lemak dan kolesterolnya tinggi, orang yang sudah berusia lanjut pun tidak boleh mengonsumsi brutu.

Memberikan Pelayanan Terbaik

Sebagai pebisnis juga harus bisa memberikan pelayanan terbaik. Selain memberikan bagian dan potongan karkas yang baik dan benar, pelayanan yang bisa diberikan adalah memberikan saran kepada konsumen yang ingin membeli bagian karkas tertentu namun bingung dalam memilihnya. Berikanlah saran yang tepat dan bijak supaya peluang closing tersebut bisa terjadi. Jika hal itu terjadi pebisnis bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan konsumen itu sendiri seperti apa, sehingga konsumen bisa mendapatkan bagian karkas yang benar-benar tepat.

Demikianlah bagian bagian karkas ayam yang penting diketahui pebisnis, semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga : Ciri karkas Ayam Berkualitas Menurut Ayamkita.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *