7 Standarisasi Karkas Ayam Broiler Ini Wajib Diketahui oleh Pebisnis!

standarisasi karkas ayam

Supaya bisa menggeluti bisnis karkas ayam dengan baik dan benar dibutuhkan pengetahuan tentang standarisasi karkas ayam. Jika tidak sesuai dengan standar pebisnis akan dikenai hukuman karena melanggar standar yang telah ditentukan oleh pemerintah Indonesia. Standarisasi ini penting karena untuk melindungi hak-hak konsumen. Hal itu dikarenakan saat ini banyak pebisnis yang berlaku curang sehingga mereka mengabaikan hak para konsumen untuk mendapatkan daging karkas yang sehat, bermutu tinggi, dan tentunya bernutrisi. Berikut ini adalah standarisasi karkas ayam broiler yang tidak boleh diabaikan oleh pebisnis karkas ayam:

Istilah dan Definisi Karkas

Istilah dan definisi ini harus diketahui oleh pebisnis karkas ayam karena setiap jenis karkas ayam memiliki istilah dan definisinya masing-masing. Untuk daging karkas ayam segar definisinya adalah ayam yang habis dipotong dan tidak boleh didiamkan di suhu ruang lebih dari 4 jam sehingga harus diperlakukan penanganan lebih lanjut yaitu dijadikan karkas dingin. Untuk karkas dingin adalah karkas segar yang kemudian dimasukkan ke dalam suhu dingin dengan suhu yang sudah ditentukan. Untuk karkas beku definisinya merupakan karkas segar maupun karkas dingin yang mana sudah didiamkan di dalam suhu sampai minus derajat.

Baca Juga : Pengertian dan Ciri Karkas Ayam Sehat

Umur Ayam

Untuk dipotong dan dijadikan daging karkas, ayam broiler harus sudah mencapai umurnya. Ayam yang dipotong sebelum umurnya dagingnya belum tumbuh dan berkembang secara maksimal sehingga dagingnya begitu tipis. Boleh saja memotong ayam untuk dijadikan daging karkas sebelum umurnya namun bobotnya sudah harus terpenuhi. Untuk bobot ayam minimal 1 kilogram sedangkan di bawah dari itu belum bisa dipanen karena ketika dijadikan daging karkas bobotnya akan banyak berkurang.

Ukuran Daging Karkas

Dalam standarisasi karkas ayam broiler juga diatur ukuran dari daging karkas tersebut. Untuk ukurannya ada tiga jenis yaitu kecil, sedang, dan ukuran besar. Untuk ukuran kecil sebesar 1 kilogram dan ukuran besar lebih dari 1,3 kilogram. Untuk bisa memaksimalkan bobot karkas ini dibutuhkan teknik beternak ayam broiler yang baik dan benar sehingga ketika memasuki masa panen bobot ayam sudah mencapai batas normal.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Mengenai Komponen Karkas Ayam

Mutu Karkas

Standarisasi yang ditetapkan oleh pemerintah juga mengatur tentang mutu karkas. Ada tiga tingkatan mutu yang ditetapkan, dimana yang terbaik adalah mutu tingkatan pertama. Agar tingkatan mutu daging karkas tidak buruk atau menduduki mutu tingkatan terakhir peternak harus berhati-hati dalam menangani ayam untuk dijadikan daging karkas karena semakin banyak kelainan yang ditemukan pada daging karkas tersebut mutunya semakin rendah. Mutu yang rendah hanya akan membuat harga daging karkas tersebut menurun.

Anti Bakteri

Standarisasi yang harus diperhatikan oleh peternak adalah daging karkas ayam tersebut harus anti bakteri maksudnya adalah tidak ditemukan bakteri pada daging karkas tersebut. Jika ada bakteri yang ada di daging karkas, kemudian masuk ke dalam tubuh manusia yang mengonsumsinya tentu hal tersebut akan membuat masalah pada kesehatan seperti gangguan pada saluran pencernaan. Saat inspeksi akan dilakukan pengujian daging yang dijual apakah mengandung bakteri atau tidak, sehingga pebisnis harus benar-benar memperhatikan poin ini.

Pengemasan

Jika karkas akan di ekspor atau di kirim ke luar kota atau daerah pengemasannya harus rapi dan tidak membuat daging karkas yang ada di dalamnya mengalami kerusakan yang mana mengakibatkan hilang sebagian atau seluruh gizi yang ada pada daging tersebut.

Penyimpanan

Penyimpanan daging karkas harus benar dimana disesuaikan dengan jenis dan karakteristik dari daging karkas itu sendiri. Penyimpanan yang salah akan menyebabkan kondisi karkas mengalami kerusakan dan pembusukan.

Baca Juga : Tips Menggeluti Bisnis Karkas Ayam Bagi Pemula

Demikianlah beberapa standarisasi karkas ayam broiler yang penting untuk diketahui oleh pebisnis maupun peternak ayam, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *