6 Cara Merawat DOC Ayam Petelur yang Terbukti Berhasil Dilakukan Pemula

merawat DOC ayam petelur

DOC ayam sangat penting untuk kesuksesan bisnis peternakan tersebut. Semakin banyak DOC yang mati maka semakin sedikit ayam periode layer yang bisa menghasilkan telur. Berbeda jika banyak DOC yang hidup tentunya semakin banyak ayam yang bisa menghasilkan telur. Alasan menjadi merugi karena biaya operasional yang telah dikeluarkan selama ini tidak sebanding dengan pemasukan yang didapatkan karena telur yang bisa dijual hanyalah sedikit. Oleh sebab itu merawat DOC ayam petelur ini tidak boleh asal dibutuhkan pengetahuan dan skill yang bagus untuk bisa membuat DOC tersebut tumbuh dan berkembang dengan baik. Simak cara merawat DOC ayam petelur yang baik dan benar berikut ini:

Berikan Cairan Gula

Cara merawat DOC ayam petelur yang pertama adalah berikanlah cairan gula, terutama jika sehabis menempuh perjalanan yang jauh dan lama. DOC tidak boleh langsung dimasukkan ke dalam kandang karena akan rentan mengalami stress. Cairan gula ini juga berfungsi untuk membuat DOC ayam menjadi lebih berenergi.

Kandang yang Tepat

Untuk membuat DOC ayam merasa aman dan nyaman penting untuk memberikan kandang yang tepat. Kandang DOC ini berbeda dengan ayam periode grower maupun layer. Kandang DOC harus tertutup dan berikan sedikit ventilasi udara. Jika sistemnya terbuka seperti kandang layer maupun grower maka DOC tersebut akan mudah terkena virus, bakteri, dan mengalami kembung. Di dalam kandang DOC tersebut juga harus ada cahaya lampu yang memudahkan DOC untuk melihat saat malam hari, selain itu tambahkan brooder atau penghangat karena DOC belum bisa menyesuaikan suhu tubuhnya dengan baik.

Pakan yang Tepat

DOC ayam layer atau petelur harus diberikan pakan yang tepat supaya bisa bertahan hidup ke periode selanjutnya bahkan sampai periode layer. Pakan yang tepat adalah yang mengandung protein yang tinggi, selain itu cukupilah kebutuhan nutrisi lainnya seperti lemak, fosfor, kalsium, dan lain sebagainya. Tekstur pakan DOC ini pun berbeda dengan ayam yang periodenya grower maupun layer karena DOC hanya bisa menerima pakan dengan tekstur yang lembut.

Vaksin

DOC ayam petelur memiliki sistem imun yang lemah sehingga membutuhkan vaksin untuk membuat tumbuh dan kembangnya menjadi seperti yang diharapkan.  DOC ayam petelur atau layer ini berbeda dengan ayam kampung yang mana memiliki sistem imun yang tinggi. DOC ayam layer akan mudah sekali terkena penyakit yang ringan sampai yang mematikan sehingga vaksin yang diberikan harus lengkap. Jika sudah terkena penyakit penularan dari satu ayam ke ayam lainnya ini sangat mudah sekali sehingga peternak akan kesusahan dalam menanggulanginya sehingga mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati.

Vitamin

Pemberian vitamin juga penting dilakukan supaya sistem imun yang dimiliki DOC ayam stabil. Fungsi lainnya untuk membuat nafsu makan DOC ayam menjadi lebih stabil, membuat DOC ayam menjadi lebih berenergi dan lincah.

Minuman yang Cukup

Untuk membuat tumbuh dan kembang DOC ayam berikanlah minuman yang cukup.  Jangan  memberikan DOC minuman yang berlebihan dan kurang karena keseimbangan cairan pada DOC harus dijaga dengan baik. Hal itu dikarenakan jika terlalu banyak cairan di dalam tubuhnya akan membuat DOC ayam petelur mengalami flu dan kembung, selain itu cairan yang berlebihan akan menyebabkan kotoran ayam menjadi cair dan lembek sehingga kandang menjadi berbau.

Untuk sukses dengan bisnis peternakannya, peternak tidak hanya memperhatikan bagaimana cara merawat DOC ayam petelur yang baik dan benar, namun juga harus memperhatikan beberapa hambatan yang bisa menghalangi pertumbuhan DOC selama di peternakan seperti stress, penyakit kerdil, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *