6 Cara Memilih DOC Ayam Berkualitas Super

DOC Ayam Broiler
DOC Ayam Broiler

DOC ayam menjadi penentu keberhasilan bisnis peternakan ayam. Untuk bisa menggeluti bisnis ini tidak disarankan untuk menggunakan DOC ayam yang tidak berkualitas, hal itu dikarenakan pemasukan tidak akan sebanding dengan pengeluaran yang dikeluarkan. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika beternak dan berbisnis ayam khususnya broiler maupun ayam layer ini  biaya operasional untuk pakannya tinggi, sehingga dikhawatirkan jika beternak dengan DOC yang kurang berkualitas akan menyebabkan angka kematiannya tinggi dikarenakan sistem imun yang buruk. Hanya DOC ayam berkualitas lah yang memiliki sistem imun bagus sehingga bisa bertahan dari berbagai macam penyakit yang mematikan. Berikut ini adalah beberapa cara memilih DOC ayam berkualitas yang bisa Anda lakukan:

Lincah

Cara memilih DOC ayam berkualitas pertama yang bisa Anda lakukan adalah pilihlah DOC yang memiliki pergerakan lincah. Jika DOC tidak suka bergerak ke sana ke mari secara aktif itu tandanya DOC tersebut tidak berkualitas. DOC yang lesu juga menandakan bahwa sedang tidak sehat sehingga untuk bergerak saja susah dan malas.

Baca Juga : Tips Menghasilkan DOC Ayam Kampung Berkualitas

Suara Nyaring

DOC yang berkualitas juga memiliki suara yang nyaring. DOC akan suka bercicit bersahutan bersama dengan teman-temannya, semakin keras cicitannya menandakan tubuhnya sangat sehat. Jika DOC hanya banyak diam sambil memejamkan mata itu tandanya DOC sedang dalam kondisi tidak sehat.

Organ yang Lengkap

Cara memilih DOC ayam selanjutnya adalah pilih yang organnya lengkap. Yang dimaksud dengan organ lengkap adalah memiliki kaki, sayap, paruh, mata dan lain sebagainya. Anda tidak bisa memilih DOC ayam yang memiliki kaki pincang dikarenakan bisa berpengaruh terhadap kualitas dan produktivitasnya saat nanti di peternakan Anda. Hal itu dikarenakan saat dipelihara DOC tersebut tidak bisa tumbuh dan berkembang seperti ayam normal lainnya.

Mata yang Bening

Ciri DOC yang berkualitas memiliki mata bening, bisa dikatakan melalui mata bisa terlihat seperti apa kesehatan DOC tersebut. Mata yang bening menandakan jika DOC tersebut memiliki penglihatan yang bagus. Jika mata sayu atau sedikit buram ada kecacatan di mata DOC tersebut sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca Juga : 5 Kesalahan Kandang Ayam DOC yang Sering Dilakukan Peternak

Sayap Simetris

DOC yang kondisinya sehat memiliki sayap simetris. Yang dimaksud dengan simetris adalah bagian kedua sayap tetap pada tempatnya. Berbeda dengan DOC ayam yang kondisinya tidak bagus dimana dia akan memiliki sayap yang turun ke bawah yang menandakan adanya kecacatan, patah, atau cedera yang dialami oleh DOC tersebut.

Bersih

Pilihlah DOC yang memiliki tubuh yang bersih. Caranya telitilah pada anus DOC tersebut jika ada sisa kotoran yang menempel menandakan jika DOC tersebut berpenyakit baik itu disebabkan oleh virus maupun bakteri. Jika Anda tetap memaksakan untuk merawat dan memelihara DOC tersebut bisa menyebabkannya menular ke DOC ayam sehat lainnya.

Bobot yang Normal dan Bulu Bersih

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk memilih DOC yang berkualitas adalah pilihlah yang bobotnya normal dan bulunya bersih. Bobot yang di bawah standar akan menyebabkan kesulitan untuk tumbuh dan berkembang selama di peternakan terutama untuk ayam broiler.

Mendapatkan DOC Ayam Berkualitas

Untuk bisa mendapatkan DOC ayam yang berkualitas ini Anda bisa mendapatkannya di peternakan yang sudah terkenal dan kredibel. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan ternak sendiri namun untuk pemula cara ini tidak disarankan karena tingkat kegagalan tinggi. Selain itu harus ada perizinan yang harus dikantongi untuk bisa membibitkan atau memperjual belikan DOC ini.

Baca Juga : Cara Merawat DOC Ayam Petelur yang Baik

Demikianlah cara memilih DOC ayam berkualitas super yang bisa Anda lakukan, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *