Ini Dia 5 Tips Memilih Pakan Ayam Layer yang Wajib Anda Tahu!

pakan ayam layer

Ayam layer diternakkan untuk diambil telurnya. Sama halnya dengan ayam broiler dimana telur ayam ini banyak dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu saja, telur ini juga banyak digunakan untuk beberapa bisnis seperti cake and cookies, dan masih banyak lagi lainnya. Melihat peluangnya yang masih terbuka dengan lebar banyak orang yang ingin menggeluti bisnis ayam layer ini. Namun sama halnya dengan ayam broiler dimana menggeluti bisnis ayam layer ini tidak mudah, dibutuhkan skill dan pengetahuan yang cukup tentang bagaimana beternak ayam layer yang baik dan benar supaya hasilnya maksimal.

Pakan Ayam Layer

Salah satu pengetahuan yang harus diketahui bagi yang ingin menggeluti bisnis ayam layer adalah pakannya. Pakan ini menjadi penentu kesuksesan peternakan yang digeluti. Semakin berkualitas pakan yang diberikan ayam layer akan semakin produktif dengan menghasilkan banyak telur berkualitas. Jika Anda tertarik menggeluti bisnis ayam layer, simak tips memilih pakan ayam layer yang baik dan benar berikut ini:

  1. Tidak berbau tengik

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam pemilihan pakan ayam layer adalah hindari pakan yang berbau tengik. Bau tengik pada pakan menandakan jika kondisinya sudah tidak bagus karena sudah ditumbuhi dengan bakteri dan jamur. Jika tetap diberikan ke ayam akan menyebabkannya mengalami gangguan pencernaan yang parah.

  1. Tidak menggumpal

Selanjutnya pilihlah yang tidak menggumpal. Pakan yang masih bagus kondisinya tidak akan pernah menggumpal. Ketika digenggam pakan tersebut bisa terurai dengan baik. Penggumpalan pada pakan ini bisa disebabkan oleh kerusakan komponen penyusun pakan tersebut.

  1. Kaya protein

Tips memilih pakan ayam layer selanjutnya adalah pilihlah yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein inilah yang nantinya bisa membuat tumbuh kembang ayam layer menjadi maksimal dan produktivitas ayam menjadi meningkat. Dibandingkan dengan kandungan atau nutrisi lain, protein inilah yang persentasenya paling dibutuhkan oleh ayam layer.

Baca Juga : Tips Pemberian Pakan Ayam Layer yang Tepat

  1. Sesuaikan dengan periodenya

Anda juga harus memilih pakan ayam layer yang sesuai dengan periodenya. Jangan memberikan pakan ayam layer starter dengan pakan grower, karena nutrisinya tidak sesuai begitu pula dengan teksturnya.  Hal ini akan menyebabkan ayam mengalami masalah pencernaan terutama bagi fase starter yang mana pencernaannya belum sempurna.

  1. Pakan yang kering

Apapun periode ayamnya penting bagi Anda untuk memberikan pakan yang kondisinya kering. Pakan yang diberikan dalam kondisi basah hanya akan menyebabkan ayam layer terkena penyakit flu. Selain itu kandungan air yang berlebihan juga akan menyebabkan kotoran ayam menjadi cair dan hal tersebut akan mengakibatkan kandang menjadi lebih berbau.

Tips Pemberian Pakan

Selain memilih pakan, Anda juga harus tahu bagaimana cara pemberian pakan yang tepat. Berikut ini adalah tips memilih pakan ayam layer yang penting untuk Anda ketahui:

  1. Tepat waktu

Tips pemberian pakan yang pertama adalah berikanlah secara tepat waktu. Anda bisa membuat jadwal kapan akan memberikan pakan ayam layer ini. Tidak teratur dalam memberikan pakan hanya akan membuat ayam layer kehilangan nafsu makannya.

  1. Sesuai takarannya

Tips memberikan pakan ayam layer yang bisa dilakukan selanjutnya berikanlah sesuai dengan takarannya. Setiap ayam ini memiliki kuantitas pakannya masing-masing sehingga jangan berlebihan atau sampai kurang karena tidak bagus untuk produktivitas ayam.

  1. Pemerataan pakan

Cara yang terakhir adalah pemberian pakan harus merata. Pakan yang tidak diberikan secara merata akan membuat tumbuh kembang ayam layer juga menjadi tidak merata ada yang berukuran besar dan berukuran kecil.

Demikianlah beberapa tips memilih pakan ayam layer dan pemberiannya yang penting untuk diperhatikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga : Cara Manajemen Pemeliharaan Ayam Layer yang Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *