6 Kelebihan Ternak Ayam Layer yang Menggiurkan

Kelebihan Ternak Ayam Layer

Ayam layer dibudidayakan untuk diambil telurnya. Ketika harga telur sedang tinggi maka peternak akan mendapatkan keuntungan. Untuk bisa menekuni ternak ayam petelur atau layer ini pun tidak membutuhkan modal yang banyak. Hal itu dikarenakan ayam jenis layer ini bisa dilakukan dalam skala kecil saja. Jika peternakan yang digeluti sudah berkembang, dan menghasilkan profit maka skala bisa diubah menjadi sedang sampai besar. Ada beberapa kelebihan ternak ayam layer yang bisa didapatkan seperti berikut ini:

Harga yang Fluktuatif

Agar bisa mendapatkan keuntungan peternak harus mengetahui kapan harga telur ayam naik dan juga menurun karena sangat fluktuatif. Ada yang mengatakan bahwa harga telur yang fluktuatif menimbulkan kerugian bagi peternak ayam jenis layer. Sebenarnya meski fluktuatif harga telur ayam ini akan menjadi stabil kembali dalam waktu yang tidak lama. Sehingga bisa dikatakan harga telur ayam ini lebih sering stabil dibandingkan dengan menurun.

Baca juga : 6 Tips Pemberian Pakan Ayam Layer yang Tepat

Saat harga telur sedang stabil peternak ayam petelur atau layer akan tetap mendapatkan keuntungan jika tahu bagaimana cara beternak yang baik dan benar.  Berbeda jika peternak tidak mengetahui bagaimana cara beternak ayam jenis layer yang baik dan benar maka ketika harga telur sedang stabil akan mendapatkan kerugian dikarenakan pendapatan tidak bisa menutup biaya operasional.

Masa Panen yang Cepat

Jika menginginkan modal yang bisa berputar dengan cepat maka bisnis ayam petelur inilah jawabannya. Selain ayam broilers, ras petelur adalah salah satu jenis yang cepat panen sehingga peternak bisa memutar modal dengan cepat. Berbeda dengan ayam kampung yang mana masa panennya lebih lama dibandingkan dengan broiler dan juga layer.

Produksi yang Tinggi

Ayam jenis layer memiliki kemampuan produksi yang cukup tinggi. Jika ayam yang dibudidayakan memiliki kualitas yang baik maka dalam periode layer akan bisa menghasilkan telur yang banyak dan juga berkualitas. Penting bagi peternak untuk bisa menjaga asupan nutrisi ayam tersebut tidak hanya pada periode layer saja namun juga pada starter maupun juga grower agar nantinya bisa menghasilkan telur berkualitas.

Daya Serap Makanan Tinggi

Supaya bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal ayam tersebut harus bisa menyerap nutrisi dari ransum makanan yang diberikan. Kelebihan dari ayam jenis layer yang diternakkan ini memiliki daya serap makanan tinggi. Dari banyaknya ransum yang diberikan akan mampu diserap untuk memproduksi telur, sehingga pakan tersebut bisa dimanfaatkan ayam layer dengan baik. Ada beberapa jenis ayam meski sudah diberikan pakan yang bernutrisi tetap saja tidak bisa menjadi produktif seperti yang diinginkan karena salah satu penyebabnya adalah kemampuan memanfaatkan ransum pakan yang kurang baik.

Periode yang Lebih Lama

Kentungan dari beternak ayam jenis layer ini adalah memiliki periode layer yang lebih lama. Dengan periode tersebut ayam jenis layer akan bisa menghasilkan telur yang lebih banyak. Jika ayam sudah tidak bisa produktif lagi ayam harus segera diafkirkan sehingga biaya operasional menjadi tidak membengkak.

Peluangnya yang Besar

Kelebihan dari menggeluti bisnis ayam jenis petelur adalah peluangnya yang tinggi. Ayam jenis layer ini sama dengan jenis broiler hal itu dikarenakan banyak peminatnya. Saat ini banyak pelaku bisnis roti dan kue yang membutuhkan bahan baku telur untuk proses produksi mereka. Sehingga selama pebisnis roti dan kue terus bermunculan maka permintaan terhadap telur ayam ini akan tetap tinggi. Jika peternak bisa menghasilkan telur yang berkualitas maka akan banyak konsumen yang datang ke peternakannya sehingga bukan peternak yang mencari konsumen.

Baca juga : 5 Manajemen Pemeliharaan Ayam Layer yang Efektif

Demikianlah beberapa kelebihan ternak ayam layer yang patut dipertimbangkan, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *