3 Cara Karkas Ayam 16 Bagian Untuk Hidangan Partai Besar

karkas ayam 16 bagian

Kebanyakan orang mungkin juga termasuk Anda hampir tidak pernah memasak ayam karkas atau utuh. Biasanya, Anda akan memotong ayam menjadi beberapa bagian untuk kemudian diolah sebagai bahan dasar berbagai jenis hidangan. Mulai dari ayam goreng, ayam bakar, tumisan ayam hingga gulai ayam.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Mengenai Karkas Ayam

Ayam karkas atau utuh biasanya akan dipotong menjadi beberapa bagian 2, 8 maupun 16. Ayam yang dipotong menjadi 2 dan 8 bagian umumnya dimasak untuk konsumsi sehari-hari. Ayam yang dipotong menjadi 16 bagian biasanya digunakan untuk acara khusus seperti hajatan maupun santap bersama keluarga besar. Berikut ini ialah 3 cara karkas ayam 16 bagian yang dapat Anda praktekkan.

Gunakan pisau khusus daging

Setiap jenis bahan makanan termasuk daging ayam sebaiknya dipotong dengan pisau khusus. Selain membuat potongan lebih rapih, tindakan ini juga tidak menyebabkan pisau cepat tumpul. Pisau khusus yang disarankan untuk memotong ayam karkas adalah cleaver meat knife. Ukuran pisau ini cukup besar dengan mata pisau berbentuk persegi panjang.

Selain itu, pisau ini juga terbuat dari bahan dasar keramik anti bakteri sehingga soal kehigienisannya tidak perlu diragukan lagi. Penggunaan pisau jenis ini juga dijamin nyaman karena genggamannya dilengkapi karet anti slip. Meskipun begitu, pastikan bahwa pisau ini benar-benar tajam agar dapat memotong daging dan tulang dalam sekali ayunan.

Potong ekor dahulu, buang tulang punggungnya

Cara karkas ayam 16 bagian yang kedua adalah mulai memotong dari bagian ekor serta membuang tulang punggungnya. Memotong ayam menjadi beberapa bagian memang sebaiknya dimulai dari bagian ekor dengan mengiris brutu atau pantatnya. Kemudian, belahlah ayam secara vertikal dimulai dari bagian ekor dan sisakan tulang punggungnya.

Banyak orang yang beranggapan bahwa tulang punggung ayam ini tidak begitu bermanfaat sehingga mereka membuangnya. Namun, ada juga yang menyadari sedikit manfaat dari tulang punggung ayam ini. Sebenarnya, tulang punggung ayam dapat Anda jadikan bahan olahan khusus dari kaldu ayam. Jadi, dibuang atau tidak tentu tergantung selera dan kebutuhan Anda sendiri.

Memotong ayam menjadi 16 bagian

Cara karkas ayam 16 bagian sering digunakan apabila daging ayam bukanlah bahan utamanya. Selain itu, memotong ayam menjadi 16 bagian juga sering dilakukan untuk kebutuhan hidangan hajatan maupun pesta pernikahan. Tujuannya tentu saja agar biaya yang dikeluarkan lebih ekonomis dan bisa digunakan untuk variasi menu lainnya.

pemotongan ayam menjadi 16 bagian dapat dilakukan dengan memotong tiap bagian menjadi 2 dan ukurannya lebih kecil. Bagian tersebut terdiri dari paha atas, paha bawah dan juga sayap. Sementara itu, khusus untuk bagian dada ayam dapat dipotong menjadi tiga. Ayam yang dipotong menjadi 16 bagian biasanya digunakan untuk bahan dasar olahan sop, semur, rica-rica dan gulai.

Baca Juga : Cara Membedakan Kualitas Karkas Ayam

Keenam belas bagian ayam yang dipotong di atas belum termasuk kepala, ceker dan leher ayam. Jika Anda kreatif maka dapat menggunakan ketiga bahan tersebut untuk variasi hidangan. Tinggal sesuaikan saja dengan jenis masakan, selera, resep dan jumlah porsi yang Anda butuhkan.

Sekilas, cara karkas ayam 16 bagian memang lebih menguntungkan untuk kebutuhan konsumsi. Ya, ayam yang dipotong menjadi 16 bagian memang akan menghadirkan kuantitas porsi masakan menjadi lebih banyak. Jadi, kondisi ini tentu sangat cocok bagi Anda yang ingin mengadakan acara-acara tertentu atau sekedar memasak untuk keluarga besar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *