5 Cara Karkas Ayam 8 Bagian Secara Mandiri

cara karkas ayam 8 bagian

Ada dua alasan mengapa seseorang mungkin juga termasuk Anda membeli ayam secara utuh. Pertama, Anda akan membuat olahan ayam panggang. Kedua, harganya lebih murah dan Anda memahami bagaimana cara karkas ayam. Karkas ayam dapat diartikan sebagai memotong bagian tubuh ayam menjadi beberapa bagian sebelum diolah.

Cara karkas ayam 8 bagian merupakan ukuran ideal untuk konsumsi individu. 8 bagian ini terdiri dari 2 dada, 2 paha atas, 2 drumstick atau paha bawah dan 2 sayap ayam. Karkas ayam menjadi 8 bagian adalah jenis potongan yang paling sering digunakan oleh para tukang ayam potong. Sebenarnya. Anda dapat melakukan karkas ayam secara mandiri dengan mengikuti 5 langkah di bawah ini.

Langkah 1

Siapkan terlebih dahulu ayam yang akan dikarkas. Setelah itu, letakkanlah ayam di atas telenan plastik. Saat diletakkan usahakan posisi punggung ayam menempel pada telenan plastik. Lebarkan sayap untuk menentukan posisi bagian sendi antara sayap dan dada ayam. Gunakanlah pisau yang tajam untuk mengiris bagian sendi tersebut sehingga sayap dan dada terpisah. Kemudian, lakukan cara yang sama pada bagian sayap lainnya.

Langkah 2

Pertama-tama, carilah bagian sendi tempat paha melekat dengan menarik pada ayam dari badannya. Pisahkan seluruh bagian kaki dengan mengiris kulit diantara dada dan paha. Irislah kulit sambil menarik bagian paha secara terus menerus. Cara karkas ayam 8 bagian yang berikutnya adalah sedikit menggerakkan bagian paha untuk mengetahui pertemuan dengan soket bagian belakang. Saat memotong gunakanlah pisau boning atau pengupas agar sendi paha dan dada terpisah.

Langkah 3

Letakkan paha ayam dengan kulit menempel berada pada bagian bawah dari talenan. Tekuklah ayam yang akan dipotong untuk mengetahui dimana sendi paha atas dan bawah berada. Carilah garis lemak yang tegak lurus terhadap paha ayam. Potonglah melalui garis lemak tersebut untuk memisahkan bagian paha atas dan bawah. Terakhir, geliatkan sendi seperlunya untuk memastikan posisinya.

Baca Juga : Cara Karkas Ayam untuk Fried Chicken yang Baik

Langkah 4

Cara karkas ayam 8 bagian yang keempat adalah menghilangkan tulang punggung. Cara untuk menghilangkan tulang punggung dapat dimulai dari ujung kepala ayam. Kemudian, potong melalui rusuk pada satu sisi tulang punggung dengan menggunakan pisau yang tajam. Ulangi pada sisi tulang punggung lainnya untuk melepaskan seluruh bagian sepenuhnya. Apabila Anda suka maka sisihkan bagian leher dan tulang punggung untuk diolah menjadi kaldu.

Langkah 5

Langkah terakhir karkas ayam menjadi 8 bagian adalah memotong dada menjadi dua. Proses pemotongan dapat Anda lakukan dengan meletakkan ayam dengan kulit berada di sisi bawah sehingga kulit terlihat. Agar tangan Anda terhindar dari rasa sakit saat memotong alasi punggung pisau dengan handuk yang dilipat. Alat pemotong yang disarankan adalah pisau daging.

Tekanlah daging ayam agak kuat untuk memotong bagian dada yang berwarna kemerahan. Berikutnya, potong juga tulang rawan yang berwarna keputihan dan terletak di tengah dada ayam.

Kini, Anda sudah mempunyai dua bagian dada ayam. Anda dapat memotong daging ayam tersebut menjadi 2 bagian lagi secara melintang. Tujuannya adalah agar potongan yang dihasilkan jauh lebih kecil. Sekarang, Anda telah mempunyai 8 potongan ayam yang bagus untuk diolah.

Baca Juga : Cara Memilih Karkas Ayam yang Baik, Busuk dan Rekondisi

Cara karkas ayam 8 bagian merupakan tindakan yang paling sering dilakukan oleh tukang ayam potong. Jenis potongan ayam ini tentu juga sangat digemari oleh para konsumen termasuk Anda. Hal ini dikarenakan ketika ayam dipotong menjadi delapan, maka seluruh bagiannya dapat diolah menjadi berbagai macam hidangan yang berbeda-beda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *