5 Cara Agar Ayam Layer Semakin Produktif

ayam layer berkualitas
layer chicken

Ayam Layer diternakkan untuk diambil telurnya. Banyak peternak yang mengeluhkan jika saat ini terus merugi, hal itu dikarenakan produktivitas ayam yang menurun. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab mengapa banyak peternak ayam petelur tersebut mengalami kerugian salah satunya adalah informasi atau wawasan yang kurang. Informasi yang cukup dan mendetail sangat diperlukan untuk beternak ayam baik itu jenis ayam kampung, broilers maupun layer ini. Sebelum menggeluti peternakan ayam, sebaiknya kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu. Tidak cukup hanya itu saja, namun Anda harus membangun koneksi yang sama-sama memiliki hobi yang sama sehingga bisa bertukar pengalaman yang mana hal tersebut bisa membuat Anda menambah wawasan dan ilmu. Berikut ini adalah cara meningkatkan produktivitas ayam layer yang patut Anda coba:

Baca juga :Ayam Menjadi Produktif & Telurnya Berkualitas Tinggi Nutrisi

Sistem Biosekuriti

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menambah produktivitas adalah menggunakan sistem biosekuriti. Dalam sistem ini ada 3 zona yang bisa dilakukan oleh peternak untuk bisa membuat produksi ayam menjadi meningkat. Zona itu misalnya saja adalah zona kotor. Zona ini membuat semua yang berhubungan dengan kuman dan penyakit ada di luar kandang atau berada di tempat parkir. Setelah itu ada zona perantara yang mana menjadi perantara antara zona kotor dengan zona bersih. Dan yang terakhir adalah zona bersih yang mana ada kandang ayam di dalamnya. Meski kandang ayam itu kotor karena ada kotoran, disebut sebagai zona bersih karena ada ayam yang menjadi sumber penghasilan sehingga peternak lah yang harus membersihkan diri. Peternak pun diharapkan menggunakan kostum khusus ketika mendekati kandang sehingga kuman dan bakteri yang dibawa di zona kotor tidak mempengaruhi di zona bersih ini.

Vaksin

Cara meningkatkan produktivitas ayam layer selanjutnya adalah dengan memberikan vaksin secara teratur. Vaksin ini berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit yang timbul sehingga pemberian vaksin yang lengkap sangat bermanfaat untuk peternakan ayam Anda.  Produktivitas yang meningkat hanya akan dimiliki oleh ayam yang sehat, jika sakit tentu saja produksi telur akan menurun. Untuk bisa mendapatkan vaksinasi Anda bisa membelinya di toko hewan yang terpercaya, sehingga vaksinnya asli.

Baca juga : 5 Manajemen Pakan Ayam Broilers Agar Lebih Produktif

Kandang yang Ideal

Kandang adalah faktor penentu keberhasilan peternakan ini, sehingga jangan mengabaikannya. Ayam satu dengan yang lainnya memiliki kandang idealnya masing-masing, sehingga Anda harus mencari tahu seperti apa kandang yang ideal bagi peternakan ayam jenis layer ini. Secara umum, kandang yang ideal adalah yang memiliki pencahayaan yang cukup, disesuaikan dengan jumlah ayam yang akan dipelihara, pertukaran udara yang cukup baik, memiliki penghangat ruangan di malam hari, listrik yang memadai dan masih banyak lagi lainnya. Pada saat malam hari harus ada penjaga yang mengawasi kandang tersebut dari serangan hewan yang lain seperti tikus dan kucing.

Pakan yang Bernutrisi

Cara meningkatkan produktivitas dari ayam layer adalah memberikan pakan yang bernutrisi. Pakan ini adalah salah satu hal yang penting dalam beternak ayam, terutama layer dan juga broiler. Untuk broiler bermanfaat membuat tumbuh dan kembang menjadi maksimal agar daging bisa bertambah sesuai dengan usia, sedangkan ayam jenis layer berguna sebagai peningkat produktivitas telur.

Vitamin

Ayam akan mudah sekali terkena berbagai penyakit jika sistem imunnya lemah, oleh sebab itu selain diberikan vaksin Anda bisa memberikannya vitamin agar sistem imun ayam menjadi meningkat sehingga bisa menangkal berbagai macam penyakit.

Baca juga : 5 Hambatan Berternak Ayam Petelur Di Indonesia

Berbisnis yang berhubungan dengan makhluk hidup memang harus membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Begitu pula beternak ayam layer ini, Anda harus memiliki skill dan wawasan yang cukup tentang bagaimana cara beternak yang baik dan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *