Sering Tampil di Menu Makanan, Inilah Jenis Potongan Ayam dan Penjelasannya

jenis potongan ayam

Hampir semua orang menyukai hidangan berbahan dasar ayam, baik itu telur maupun dagingnya. Kedua komponen ini dapat digunakan sebagai bahan dasar berbagai masakan. Dalam mengolah kedua bagian ini khususnya daging dapat dilakukan dengan beberapa teknik. Diantaranya adalah dikukus, digoreng, dibakar, direbus dan dipanggang.

Baca Juga : Cara Memilih dan Membedakan Karkas Ayam Sehat dan Busuk

Teknik khusus tidak hanya dibutuhkan pada saat mengolah ayam akan tetapi memotongnya juga. Hal ini dikarenakan teknik pemotongan ayam akan disesuaikan dengan jenis hidangan yang diolah. Ada banyak sekali jenis potongan ayam yang akan menambah wawasan kuliner Anda. Berikut ini adalah jenis potongan ayam dan penjelasannya.

Chicken leg

Potongan jenis chicken leg biasanya digunakan untuk olahan teknik ditim dan casseroles. Ciri utama dari potongan ini adalah memotong ayam menjadi 4 bagian utama.

Drumstick

Potongan jenis drumstick biasanya digunakan untuk olahan ayam bakar maupun goreng. Salah satu tujuan mengapa ayam dipotong menjadi drumstick adalah agar bumbu masakan lebih meresap sebelum diolah. Ciri utama jenis potongan ini adalah dipotongnya bagian paha bawah ayam.

8-piece

Jenis potongan ini umumnya banyak diterapkan oleh para penjual ayam potong. Hal ini dikarenakan berbagai jenis bagian yang dipotong dapat dimanfaatkan menjadi bahan dasar berbagai olahan. Secara rinci jenis potongan ini meliputi bagian 2 paha, 2 dada, 2 sayap dan 2 punggung.

Chicken breast

Jenis potongan ayam dan penjelasannya yang selanjutnya adalah chicken breast. Potongan ayam jenis ini dibagi menjadi empat bagian yang merupakan gabungan dari dada dan sayap. Potongan ini umumnya digunakan untuk berbagai olahan seperti casseroles, stewing dan roasting.

Baca Juga : Bagian Potongan Ayam yang Sering Digunakan Konsumen

Chicken breast fillet

Jenis potongan ayam yang satu ini sangat cocok untuk olahan masakan kari dan oriental. Ciri paling spesifik dari potongan ayam jenis chicken breast fillet adalah dada tanpa adanya tulang. Jadi, Anda dapat menghabiskan seluruh bagian dari potongan ayam ini.

Chicken Escalope

Potongan jenis chicken escalope sebenarnya sudah begitu populer. Hal ini dikarenakan jenis potongan chicken escalope biasa digunakan untuk olahan ayam yang dibalut tepung kemudian digoreng. Cara mengolahnya pun relatif mudah dimana potongan ayam hanya dilapisi tepung panir lalu goreng dengan sedikit minyak.

Chicken liver

Jenis potongan ayam dan penjelasannya yang keenam adalah chicken liver. Seperti namanya, komponen utama dari jenis potongan ini adalah hati ayam. Dalam olahan masakan barat, hati ayam biasanya digunakan sebagai isi dari roast chicken. Selain itu, hati ayam juga dapat dibuat sebagai sajian pembuka dalam bentuk apate.

Chicken wing

Berbagai komponen dari tubuh ayam memang dapat dihidangkan tidak terkecuali sayap. Bagian sayap biasanya dipotong menjadi bentuk chicken wing. Chicken wing sendiri dapat digunakan untuk berbagai jenis menu masakan, baik yang dibakar, digoreng maupun dipanggang. Namun, umumnya sayap ayam terlebih dahulu direndam dalam cairan cuka balsamic atau madu sebelum dibakar untuk dihidangkan.

Giblets

Ada beberapa orang yang menganggap bahwa jerohan adalah sampah sehingga tak layak dikonsumsi. Namun, ada juga orang yang menggemari jerohan dan mengolahnya untuk dikonsumsi. Giblets merupakan jenis potongan ayam yang menjadikan satu bagian jerohan seperti ampla, jantung, hati serta leher.

Selama ini, Anda mungkin sering melihat ketujuh jenis potongan ayam di atas dalam daftar menu restoran. Ternyata, nama berbagai menu olahan ayam di restoran tersebut diberi nama sesuai dengan jenis potongannya. Sekarang, Anda telah mengetahui berbagai jenis potongan ayam dan penjelasannya. Jadi, Anda tentu dapat memilih menu terbaik di restoran tanpa takut salah pilih.

Baca Juga : Tips Menggeluti Bisnis Karkas Ayam agar Profit

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *