6 Strategi Bisnis Karkas Ayam Agar Laris di Pasaran

Strategi Bisnis Karkas Ayam

Bisnis yang berhubungan dengan ayam memang tidak akan ada matinya. Penyebabnya adalah banyak masyarakat yang menggunakan karkas ayam dalam berbagai acara misalnya saja adalah hantaran pernikahan, ater-ater untuk pernikahan dan saat ini banyak sekali restoran dan rumah makan cepat saji yang menyediakan masakan dari daging ayam tersebut. Oleh sebab itulah mengapa bisnis ini akan menjadi sangat menggiurkan.  Asalkan Anda tahu strateginya bisnis ini bisa berjalan dengan lancar.  Berikut ini adalah strategi bisnis karkas ayam yang harus Anda lakukan agar laris di pasaran:

Jaminan Mutu Kesehatan

Cara yang pertama adalah harus memberikan mutu kesehatan terhadap ayam yang Anda jual tersebut. Bagi pemula yang sedang mengembangkan bisnis daging karkas perlu sekali untuk mendapatkan pengakuan mutu dari dinas terkait. Masyarakat tidak akan percaya dengan mutu ayam Anda jika tidak ada pengakuan tertulis yang dimiliki. Bisa saja Anda mengatakan karkas ayam yang dijual bagus dan bermutu tinggi namun tidak ada bukti yang menyatakan jika daging karkas tersebut seperti yang dikatakan, sehingga masyarakat tidak akan percaya dengan yang Anda katakan.

Baca juga : 5 Cara Ternak Ayam Birma yang Baik dan Benar

Agar mendapatkan pengakuan mutu kesehatan dari dinas terkait Anda bisa meminta bukti tertulis yang menyatakan jika daging karkas yang di jual sehat dan terbebas dari berbagai macam penyakit. Anda juga bisa bekerja sama dengan dinas untuk memberikan penyuluhan tentang bagaimana pemberian vaksin ayam yang baik dan benar. Dengan bekerja sama, Anda akan mendukung program pemerintah dalam menciptakan kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Promo Menarik

Untuk bisa menarik perhatian konsumen, Anda bisa menjual daging karkas tersebut dengan promo yang menarik. Saat ini persaingan karkas ayam semakin ketat sehingga diperlukan cara yang kreatif untuk mampu menarik minat pembeli. Salah satunya adalah dengan memberikan promo yang menarik. Misalnya saja adalah membeli karkas ayam sekian kg mendapatkan bonus bagian daging ayam tertentu. Anda bisa memberikan promo setiap minggu atau setiap dua minggu sekali. Terutama bagi pebisnis pemula yang perlu untuk mengenalkan daging yang dijualnya ke masyarakat.

Jaga Kualitas Daging Ayam

Meski sudah mendapatkan pengakuan tertulis dari dinas terkait, Anda juga harus tetap menjaga kualitas daging karkas yang dijual. Usahakan menjual daging karkas dengan kualitas bagus dan serat dagingnya masih bagus. Ayam yang baru dipotong dan dijadikan karkas yang paling bagus kualitasnya, sehingga ketika dalam penyimpanan pun daging akan tetap segar.

Penyembelihan yang Benar

Cara bisnis karkas ayam yang harus Anda ketahui adalah bagaimana cara menyembelih yang benar. Baik atau tidaknya penyembelihan akan sangat terlihat pada potongan di leher ayam tersebut. Jangan memukul atau melukai ayam, sebab akan terlihat pada dagingnya yang memar dan kehitaman. Gunakanlah pisau yang tajam agar ayam bisa mudah disembelih.

Mencari Koneksi

Strategi bisnis yang bisa Anda lakukan adalah mencari koneksi. Koneksi yang tepat  dan potensial untuk memasarkan daging karkas adalah pedagang pasar. Jalinlah hubungan yang baik dengan pedagang tersebut sebab jika hubungan selalu baik maka bisnis daging karkas yang Anda jalani akan berjalan dengan lancar. Distribusikanlah daging karkas yang segar agar pedagang selau puas dengan kualitas daging yang Anda distribusikan.

Harga Kompetitif

Cara terakhir untuk menjalankan bisnis karkas adalah berikanlah harga yang kompetitif. Jangan memberikan harga terlalu murah atau terlalu mahal. Lakukanlah survey pasar berapa harga rata-rata untuk daging karkas yang dijual. Memang harga potong berubah-ubah, namun akankah lebih baik jika Anda menjual daging tersebut dengan harga standard namun daging ayam laris di pasaran.

Baca juga : 5 Tips Memilih Karkas Ayam Murah & Segar

Demikianlah strategi untuk menjalankan bisnis karkas ayam agar laku di pasaran, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *