4 Cara Agar Ayam Layer Lebih Produktif

Ayam Layer (2)
Ayam Layer (2)

Ayam Layer  sering dibudidayakan untuk diambil telurnya. Selain diambil dagingnya, ayam juga diternakkan khusus untuk diambil telurnya. Telur ayam yang berkualitas bisa didapatkan dari ayam jenis layer, sedangkan untuk daging ayamnya bisa didapatkan dari jenis broiler. Yang sering menjadi permasalahan dalam beternak ayam ini adalah telur yang dihasilkan sedikit dan ukurannya kecil. Oleh sebab itu peternak perlu tahu bagaimana cara meningkatkan produktivitas agar ayam bisa menghasilkan telur yang berkualitas dan jumlah yang banyak. Pembeli biasanya sangat selektif dalam memilih telur yang akan di konsumsinya, sehingga jika telur yang diproduksi oleh ayam ternak Anda kurang berkualitas ditakutkan menjadi kurang laku di pasaran. Agar ayam layer menjadi lebih produktif, simak caranya berikut ini:

Baca juga : 4 Keuntungan Bisnis Peternakan Ayam Broiler Paling Menggiurkan

Manajemen Kandang Ayam Layer yang Baik

Sebelum Anda beternak ayam layer, disarankan untuk memiliki manajemen kandang ayam yang baik. Kandang ini memberikan peranan penting dalam peternakan ayam petelur yang Anda dirikan. Manajemen ini harus Anda siapkan sejak ayam masih dalam kondisi bibit atau DOC. Manajemen kandang yang kurang baik bisa menyebabkan ayam tidak bisa tumbuh dan berkembang menjadi lebih maksimal. Luas kandang ayam yang Anda kembang biakkan pun harus disesuaikan dengan jumlah bibit ayam yang akan Anda kembang biakkan.

Pakan Ayam yang Bergizi

Cara meningkatkan produktivitas ayam layer selanjutnya adalah Anda harus memberikan pakan ayam yang bergizi. Pakan ayam ini sangat berpengaruh terhadap tumbuh dan kembang ayam yang Anda ternakkan. Tanpa nutrisi yang cukup ayam menjadi sulit untuk berkembang dan sulit produktif. Nutrisi yang harus dipenuhi dalam pakan ayam adalah protein, energi, kalsium, mineral, protein dan lemak yang mana jika dipenuhi dengan baik ayam jenis layer bisa menghasilkan telur yang berkualitas dan dalam jumlah yang banyak. Fokuslah untuk mengombinasikan makanan yang bergizi agar ayam menjadi lebih produktif.

Baca juga : 5 Manajemen Pemeliharaan Ayam Layer Agar Produktivitas Tinggi

Perhatikan Tempat Minum

Selain membutuhkan makanan, minuman juga sangat penting dalam menjaga kesehatan dan produktivitas ayam tersebut. Kadang peternak hanya fokus pada pemberian pakan saja sehingga tempat minum ayam menjadi tidak di cek. Padahal tempat minum ayam tersebut tidak boleh kosong sama sekali. Minuman berperan penting untuk pemecahan nutrisi di dalam tubuh ayam sehingga nutrisi bisa terserap di dalam tubuh dengan cepat. Oleh sebab itu selalu cek tempat minum ayam minimal 3 jam sekali. Usahakan tempat minum tersebut dalam keadaan bersih sehingga tidak ada bakteri yang ikut tertelan di dalam tubuh ayam.

Waspada Penyakit

Sama dengan ayam broiler dimana ayam ini sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit. Semua yang berhubungan dengan makhluk hidup rentan sekali untuk mengalami kematian tersebut sehingga penting bagi Anda untuk mewaspadai ancaman penyakit yang bisa ditimbulkan. Penyakit yang bisa menyerang ayam petelur jenis layer ini adalah EDS 76, infeksi bronchitis yang bisa menyerang saluran pernapasan ayam, penyakit ND yang gejalanya ayam akan terus bersin-bersin, sulit bernapas, ngorok dan ayam terlihat lemas. Agar ayam bisa terhindar dari semua penyakit tersebut Anda bisa memberikan vaksinasi dan juga memberikan vitamin. Tidak hanya itu saja Anda juga harus memberikan nutrisi yang lengkap dan tepat agar sistem kekebalan tubuh ayam menjadi meningkat.

Baca juga : Bibit Ayam Petelur dan Gizi Telur yang Dihasilkan

Dengan membuat ayam Anda menjadi lebih produktif banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Misalnya saja adalah telur yang dihasilkan dari peternakan Anda akan banyak dicari oleh masyarakat. Jika sudah terkenal menghasilkan telur ayam berkualitas, bukan Anda yang mencari konsumen namun konsumen tersebut akan datang kepada Anda. Oleh sebab itu lakukanlah beberapa cara meningkatkan produktivitas ayam layer seperti yang dijelaskan diatas untuk membuat peternakan Anda menjadi menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *