Bibit Ayam Petelur dan Gizi Telur yang Dihasilkan

bibit ayam petelur
bibit ayam petelur

Selain mudah didapatkan, telur mudah diolah menjadi berbagai macam makanan, mulai dari masakan sederhana seperti telur ceplok atau dadar, hingga masakan dengan bumbu-bumbu yang rumit seperti telur balado atau kerak telor. Rasa telur yang juga terbilang lezat membuat telur menjadi salah satu makanan favorit sebagai sumber protein harian. Untuk mendapatkan telur dengan gizi lengkap tentunya harus memperhatikan kondisi ayam petelur yang menghasilkan telur berkualitas. telur yang berkualitas ini biasanya dihasilkan dari bibit ayam petelur (DOC ayam petelur) yang dipelihara dengan baik dan benar. Hal ini penting untuk diperhatikan karena bibit ayam petelur ini harus mampu menghasilkan telur yang berkualitas. Ini karena telur adalah sumber protein alami yang menyediakan hampir semua asam amino yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga : Persiapan Wajib Sebelum Memelihara DOC Ayam Petelur

Telur ayam sendiri mengandung zat gizi lainnya juga selain protein. Telur mengandung lemak, vitamin (A, B, dan D), serta zat besi, asam folat, dan fosfor yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak-anak. Kandungan gizi inilah yang penting untuk dijaga dan dihasilkan dengan baik oleh ayam petelur, dan karena itulah DOC ayam petelur harus dipelihara dengan baik agar tumbuh dan menghasilkan telur yang baik juga. Telur ayam sendiri memiliki 2 jenis sesuai dengan ayam petelur yang menghasilkan telur tersebut, yakni telur ayam kampung dan telur ayam negeri. Telur ayam yang biasanya dikonsumsi oleh keluarga Indonesia adalah telur ayam negeri yang berbentuk lebih besar dari ayam kampung dan berwarna cokelat untuk cangkangnya. Sedangkan DOC ayam petelur untuk ayam kampung menghasilkan telur ayam kampung yang dipercaya berkhasiat untuk menjaga kesehatan.

Pemeliharaan DOC ayam petelur jenis kampung dan negeri tidak ada yang terlalu berbeda. Hanya biasanya ayam kampung dipelihara secara bebas di lahan yang luas, sedangkan untuk ayam negeri yang berfungsi sebagai ayam petelur dipelihara dalam kandang yang sudah dibuat sedemikian rupa untuk memudahkan peternak mengambil telur ayam pada saat masa panen tiba. Sedikit perbedaan ini tetap membutuhkan pengelolaan dan perawatan peternakan yang baik dan benar agar DOC ayam petelur bisa berkembang dan tumbuh dengan sempurna serta menghasilkan telur yang mempunyai kandungan gizi baik untuk mendukung pemenuhan kebutuhan gizi sehari-hari.

Baca juga : Mengenal DOC Ayam untuk Melihat Masa Depan Usaha Ayam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *