6 Cara Ternak Ayam Potong Agar Berkualitas dan Mahal

ayam potong
ayam potong

Bisnis ternak ayam potong kini sangat menjanjikan yang mana bisa membuat pelaku bisnisnya meraih kesuksesan dikarenakan permintaan akan ayam potong tidak akan pernah surut baik itu untuk konsumsi pribadi ataupun untuk acara pesta. Di acara pesta pernikahan atau di acara tertentu, menu dari ayam selalu ada dikarenakan menu dari ayam potong selain bergizi juga memiliki cita rasa yang lezat jika diolah dengan resep yang spesial. Selama masih banyak yang mengonsumsi ayam potong dan masih banyak masyarakat yang membutuhkannya selama itu pula bisnis ayam potong akan menguntungkan. Agar bisa meraih kesuksesan dan keuntungan, Anda harus tahu bagaimana cara ternak ayam potong yang baik dan benar.

Tips Ternak Ayam Potong Berkualitas Tinggi

Ayam yang berkualitas tinggi sangat dibutuhkan oleh konsumen atau masyarakat. Kualitas daging unggas tersebut sangat tergantung dengan bagaimana cara ternaknya. Berikut ini adalah cara ternak ayam potong agar berkualitas tinggi:

Kandang Ayam yang Baik dan Berkualitas

Kandang ayam adalah salah satu pelopor terciptanya daging unggas yang berkualitas. Pemilihan dan pembuatan kandang yang salah bisa menyebabkan kualitas daging unggas menjadi tidak berkualitas. Kandang ayam yang baik dan benar adalah yang bisa membuat sinar matahari maupun angin bersirkulasi dengan baik. Kandang yang pengap dan terlalu tertutup tidak bagus untuk kesehatan ayam potong tersebut. Ayam potong akan mudah stress dan nafsu makannya menurun akibat sirkulasi udara dan cahaya yang tidak bagus.

Baca juga : Bagaimana Cara Mengolah Potongan Karkas Ayam yang Sehat?

Suhu Kandang

Meski kandangnya harus memiliki sirkulasi udara yang baik, Anda harus bisa menjaga suhu di dalam kandang tersebut. Hindari suhu kandang yang terlalu dingin dengan cara memberikan pemanas di dalam kandang.

Peralatan DOC

Agar bisa menyambut DOC dengan baik, Anda harus menyiapkan peralatan di dalam kandang yang lengkap. Tambahkanlah penghangat, sekat dan litter untuk menyambut DOC ayam.

Masa Emas

Masa emas akan sangat menentukan keberhasilan Anda dalam beternak ayam potong. Jika Anda tidak bisa memanfaatkan masa emas tersebut dengan baik, maka bisnis ayam potong Anda akan gagal. Masa emas ada di 0 hari sampai dengan 14 hari pertama. Selama 14 hari tersebut Anda harus bisa memperhatikan ayam secara ekstensif dikarenakan masa sulit ayam terletak pada 14 hari pertama itu. Setelah 14 hari pertama perawatan ayam akan lebih mudah. Untuk bisa melewati masa sulit Anda harus memperhatikan suhu kandang ayam jangan terlau panas atau terlalu dingin.

Baca juga : Cara Ternak Ayam Potong Agar Mendapatkan Daging Berkualitas

Vaksinasi

Cara ternak ayam potong yang tidak boleh terlewatkan adalah melakukan vaksinasi. Ayam potong akan mudah sekali terkena penyakit jika tidak di vaksin. Lakukan vaksinasi secara berkala saat ayam berumur 7 hari, 14 hari dan 21 hari.

Antibiotik

Selain vaksinasi, Anda harus memberikan antibiotik kepada ayam potong pada umur 1 sd 4 hari & 12 sd 15 hari. Agar semakin maksimal Anda bisa menambahkan vitamin ayam sampai dengan masa panen.

Mengapa Kualitas Ayam Potong Penting?

Yang berkualitas akan selalu dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat. Dari segi bisnis, alasan Anda harus menjual ayam potong berkualitas dikarenakan akan lebih menguntungkan sebab konsumen akan bersikap selektif dalam memilih ayam yang dikonsumsinya. Sedangkan dari sisi konsumen, alasan memilih ayam yang berkualitas dikarenakan ayam tersebut masih memiliki nilai gizi yang tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh. Daging ayam berkualitas memiliki kandungan lemak dan protein yang tinggi dimana gizi tersebut tidak ditemukan pada daging ayam tiren, berformalin ataupun ayam yang cacat.

Baca juga : Ternak Ayam Kampung Yang Berkualitas dan Sehat

Demikianlah cara ternak ayam potong agar menghasilkan daging unggas yang berkualitas, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *