4 Cara Menghasilkan DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Ayam kampung saat ini tidak hanya dipelihara oleh masyarakat di pedesaan saja namun juga perkotaan. Alasan banyak yang memeliharanya dikarenakan prospeknya bagus. Daya tahan ayam yang bagus sangat menguntungkan bagi peternak sebab tidak akan mudah sakit sehingga biaya pengobatan bisa ditekan. Tidak hanya itu saja ayam kampung ini pun memiliki harga jual lebih tinggi dibandingkan dengan jenis broiler. Untuk pemasarannya juga luas sehingga peternak ayam kampung tidak akan repot untuk memasarkan hasil produksinya.

Agar bisa menggeluti peternakan ayam kampung yang sukses harus memperhatikan DOCnya. DOC ini adalah emas di dalam peternakan ayam, sehingga semakin banyak DOC yang bisa bertahan hidup maka semakin banyak emas yang dipanen.

Baca juga : 4 Penyebab Kegagalan DOC Ayam Broiler Saat Dipelihara

Menghasilkan DOC Ayam Kampung

DOC akan mampu bertahan hidup jika berkualitas. Peternak yang ingin sukses dengan usaha ternak ayam kampung yang digelutinya harus memulainya dengan DOC yang berkualitas. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghasilkan DOC ayam kampung yang berkualitas:

Pengambilan Telur Ayam Sedini Mungkin

Cara untuk menghasilkan telur tetas yang berkualitas adalah dengan mengambil telur ayam yang baru saja dihasilkan sedini mungkin. Tujuannya agar telur tersebut kondisinya masih bagus dan tidak rusak. Jika telur ayam terinjak kaki ayam bisa menyebabkan kualitasnya tidak bagus sehingga bisa gagal menjadi DOC atau menyebabkan kecacatan.

Memberi Nomor Telur

Cara untuk menghasilkan DOC ayam kampung berkualitas selanjutnya adalah dengan memberi nomor telur. Dengan memberikan nomor telur tersebut akan membuat Anda tahu mana telur yang seharusnya sudah menetas dan mana yang terlambat menetas.

Penyeleksian

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan penyeleksian. Tidak semua telur yang ada di dalam gudang penyimpanan telur tersebut bisa menjadi DOC ayam kampung yang berkualitas. Oleh sebab itulah penting melakukan beberapa penyeleksian seperti berikut ini:

  1. Berat telur harus diseleksi karena berpengaruh terhadap berat DOC yang akan dihasilkan. Jika berat telurnya tidak normal maka berat DOC yang dihasilkan juga tidak akan normal. Penting bagi peternak untuk menimbang setiap telur yang akan diseleksi. Semakin berat telurnya maka semakin berat DOC yang akan dihasilkan.
  2. Bentuk telur juga harus diseleksi. Pilihlah bentuk telur yang lonjong bukan yang bulat.
  3. Cangkang telur yang dipilih juga harus sempurna tidak ada keretakan atau cacat. Selain itu cangkang telur yang terlalu tipis tidak bagus untuk dijadikan sebagai telur tetas untuk DOC.

Baca juga : 6 Tips Menghasilkan DOC Ayam Kampung Berkualitas

Menghitung Waktu Tetas

DOC yang baik dan berkualitas adalah yang menetas pada waktunya. Jika terlambat maka kualitas dari DOC tersebut akan menurun. Oleh sebab itu peternak bisa mengamati kapan telur DOC tersebut harusnya menetas, dengan begitu DOC yang tidak menetas tepat waktu disisihkan dari telur yang sudah menetas tepat pada waktunya.

Kelebihan DOC Ayam Kampung Super

Jika beternak ayam menggunakan DOC yang berkualitas super akan banyak  kelebihan yang bisa didapatkan seperti berikut ini:

  1. DOC ayam mampu terhindar dari stress dan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.
  2. Lebih bisa bertahan hidup dibandingkan dengan yang tidak berkualitas.
  3. DOC memiliki sistem imun yang stabil sehingga akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang bisa menimpa DOC sewaktu-waktu.
  4. Mampu tumbuh dan berkembang dengan normal dibandingkan yang tidak berkualitas. Berat badannya bisa bertambah dengan pesat sehingga ketika masa panen tiba berat badannya normal dan hal tersebut akan menguntungkan bagi peternak.

Demikianlah cara menghasilkan DOC ayam kampung berkualitas dan juga kelebihannya, semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga : 6 Tips Pembuatan Kandang Ayam DOC yang Ideal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *