4 Cara Mendapatkan DOC Ayam Petelur Berkualitas Super

DOC Ayam Petelur Berkualitas Super

Ayam petelur diternakkan untuk diambil telurnya. Telur ayam harganya fluktuatif dan hal tersebut akan menguntungkan bagi peternak yang mengetahui bagaimana cara beternak dengan baik dan benar. Kunci keberhasilan dalam beternak ayam petelur adalah menggunakan DOC ayam yang berkualitas. Setiap peternakan membutuhkan DOC yang berkualitas agar visi dan misi dalam peternakan tersebut bisa tercapai. Jika DOC ayam yang dipelihara kurang berkualitas akibatnya adalah hasil panen juga menjadi tidak berkualitas, sehingga peternak hanya akan membuang-buang biaya tanpa mendapatkan hasil panen yang maksimal. Berikut ini adalah beberapa cara mendapatkan DOC ayam petelur yang berkualitas tinggi:

Beternak Sendiri

Hal pertama yang bisa peternak lakukan untuk mendapatkan DOC ayam petelur yang berkualitas adalah dengan beternak sendiri. Peternak yang sudah memiliki pengalaman dan ilmu yang cukup dalam beternak ayam bisa menghasilkan DOC yang berkualitas sendiri. Tujuan dari menghasilkan DOC ayam berkualitas sendiri adalah menekan biaya untuk pembelian DOC tersebut. Memang harga DOC yang berkualitas tidak bisa dikatakan murah sehingga untuk membeli DOC tersebut harus mengeluarkan budget yang lumayan besar.

Baca juga : 3 Penyebab Kematian DOC Ayam Kampung Secara Dini

Rekomendasi Teman

Untuk bisa mendapatkan DOC ayam petelur selanjutnya bisa mencari  rekomendasi dari teman. Teman tidak akan pelit untuk berbagi informasi, oleh sebab itu peternak bisa mencari rekomendasi dari teman dimana bisa mendapatkan DOC ayam yang berkualitas tersebut. Semakin banyak teman yang menggeluti bisnis yang sama maka akan menguntungkan bagi peternak karena memiliki koneksi yang banyak untuk bertukar informasi.

Peternakan Terpercaya

Untuk bisa mendapatkan DOC ayam yang berkualitas bisa dengan membelinya di peternakan terpercaya. Peternakan yang terpercaya memiliki DOC ayam dengan beberapa kualitas tingkatan. Pilihlah DOC terbaik yang memiliki kualitas super sehingga bagus untuk dipelihara di peternakan.

Komunitas

Cara terakhir untuk mendapatkan DOC petelur yang berkualitas adalah melalui komunitas. Agar peternakan ayam berjalan sesuai dengan rencana dianjurkan untuk bergabung dengan komunitas. Komunitas adalah sekelompok orang yang memiliki hobi atau bisnis yang sama dan membentuk suatu perkumpulan untuk membahas berbagai macam informasi tentang bisnis atau hobinya tersebut. Dengan ikut komunitas ini akan banyak informasi dan ilmu yang didapatkan. Melalui komunitas ini anggotanya bisa bertanya apa saja dan anggota lain akan dengan senang hati menjawabnya.

Baca juga : 6 Tips Pembuatan Kandang Ayam DOC yang Ideal

Masalah dalam Pembelian DOC Ayam Petelur

Tidak hanya membeli DOC berkualitas saja yang harus diperhatikan namun masalah dalam pembelian DOC pun harus diperhatikan. Ada beberapa masalah yang bisa dihadapi dalam pembelian DOC petelur ini yaitu berikut ini:

Jarak yang Jauh

Hal pertama yang menjadi masalah adalah jarak yang jauh. Kadang untuk bisa mendapatkan DOC ayam yang berkualitas ada peternak yang harus sampai ke luar kota untuk mendapatkan DOC seperti yang diharapkan.

Kendaraan yang Tidak Memadai

Untuk bisa membeli DOC ini harus menggunakan mobil agar bisa membawa DOC dengan aman dan nyaman. Tanpa rasa nyaman DOC akan menjadi stress dan terkena penyakit. Oleh sebab itu tidak disarankan untuk membawa DOC ayam dengan kendaraan seadanya seperti sepeda motor.

Box Tidak Nyaman

Masalah yang terakhir adalah box yang tidak nyaman. Untuk bisa membawa DOC dengan aman dan nyaman harus dengan menggunakan box yang nyaman. Box tersebut akan membuat DOC memiliki ruang gerak yang luas sehingga meski perjalanan jauh ayam tetap akan merasakan nyaman, aman dan meminimalisir stress. Pastikan DOC juga aman dari berbagai macam guncangan yang mana bisa menyebabkannya menjadi stress.

Demikianlah tips mendapatkan DOC ayam petelur berkualitas, semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga : 6 Cara Memilih DOC Ayam Berkualitas Tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *