5 Dampak Buruk Kandang Ayam Layer yang Tidak Ideal

Setiap peternakan ayam memiliki kandang idealnya masing-masing. Baik itu ayam kampung, broiler, maupun ayam layer. Namun ada saja peternak yang tidak tahu seperti apa kandang ideal untuk masing-masing jenis ayam tersebut. Pengetahuan tentang kandang ayam ideal sangat diperlukan untuk keberhasilan ternak ini. Oleh sebab itu jangan sampai meremehkan faktor kandang dalam peternakan ayam. Khusus ayam layer, kandang ideal ini sangat penting yang mana berperan penting dalam produktivitas ayam dalam menghasilkan telur. Ada beberapa dampak yang bisa terjadi jika kandang ayam layer di peternakan kurang ideal seperti berikut ini:

Terkena Virus

Dampak yang bisa terjadi akibat kandang ayam layer yang kurang ideal adalah mudah terkena virus.  Virus ini mudah menyebar melalui angin sehingga jika kandangnya tidak ideal ayam layer yang berada di dalam kandang mudah tertular virus tersebut. Virus ini ada yang mudah diobati, namun akan membuat Anda mengeluarkan biaya untuk pengobatan ayam yang terkena virus.

Baca juga : 8 Kebutuhan Nutrisi Ayam Layer Sesuai Satu Periode Ternak

Mudah Masuk Angin

Ayam layer akan menghabiskan sebagian waktunya di dalam kandang, sehingga keamanan dan kenyamanannya harus terjaga dengan baik. Jika kandangnya tidak ideal maka ayam tersebut akan mudah sekali masuk angin. Salah satu ciri ayam yang masuk angin adalah perutnya menggembung dengan besar. Penyebabnya bisa dikarenakan suhu di dalam kandang yang tidak hangat. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya jika suhu yang tepat menjadi salah satu faktor yang membuat kandang ideal, sehingga jika suhunya tidak tepat maka disebut sebagai kandang yang tidak ideal.

Diserang Tikus dan Kucing

Dampak negatif yang bisa terjadi akibat kandang yang tidak ideal adalah mudah diserang tikus dan kucing. Kedua hewan tersebut suka sekali mengusik ketenangan dan keamanan ayam baik yang masih DOC sampai periode layer. Jika keamanan kandang tidak terjaga dengan baik bisa menyebabkan keselamatan ayam tidak terjaga. Kandang yang ideal adalah yang terjaga keamanan dan kenyamanannya.

Telur Tidak Aman

Manajemen ayam petelur akan menjelaskan bagaimana cara membuat kandang yang aman dan tepat untuk keamanan telur ayam. Jika peternak tidak tahu ilmunya, maka telur yang dihasilkan oleh ayam tersebut justru menjadi tidak aman. Telur tersebut rentan terinjak kaki ayam. Tidak hanya di situ saja, kandang yang tidak ideal akan membuat Anda kesusahan dalam mengambil telur yang diproduksi oleh ayam. Agar memudahkan Anda dalam mengambil telur ayam tersebut bisa dengan membuat  kandang bagian depan lebih tinggi dibandingkan belakang sehingga telur tersebut akan menggelinding ke bagian depan kandang.

Baca juga : 7 Kriteria Kandang Ayam Layer yang Ideal Agar Aktif Produktivitas

Setiap bisnis yang berhubungan dengan makhluk hidup memerlukan ilmu dan skill yang mendetail agar bisa berjalan dengan lancar. Hal itu dikarenakan risiko dari bisnis ini sangat fatal jika dijalankan dengan sembarangan dan tanpa didasari dengan ilmu. Salah satu ilmu tentang beternak ayam layer yang harus diperhatikan adalah bagian kandangnya. Penting untuk tahu bagaimana cara membuat kandang ayam layer yang ideal agar peternakan tersebut berjalan sesuai dengan harapan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *