7 Kriteria Kandang Ayam Layer yang Ideal Agar Aktif Produktivitas

Kriteria Kandang Ayam Layer

Kandang ayam layer menjadi faktor pendukung produktivitas ayam. Ayam yang produktif akan menghasilkan telur yang berkualitas dan dalam jumlah banyak. Usia produktif ayam layer ini pun tidak bisa selamanya namun ada usia tertentu setelah itu akan menjadi tidak produktif atau afkir. Saat usia produktif ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menghasilkan telur yang banyak dan berkualitas. Salah dalam pemeliharaan ayam akan menyebabkan Anda akan mengalami kerugian. Salah satu faktor yang berperan penting dalam produktivitas ayam layer adalah kandang. Berikut ini adalah beberapa kriteria kandang ayam layer yang ideal supaya produktivitas ayam menjadi meningkat:

Baca juga : 5 Manajemen Pemeliharaan Ayam Layer yang Benar

Jenis Kandang yang Tepat

Dalam beternak ayam jenis layer ini Anda harus memilih kandang yang tepat. Kandang untuk ayam broiler, berbeda dengan jenis layer sehingga Anda harus tahu seperti apa kandang yang ideal untuk peternakan Anda. Khusus untuk ayam layer ini, Anda harus membuat kandang yang bisa dengan mudah untuk pengambilan telur. Oleh sebab itu pada bagian belakang kandang dibuat lebih rendah dibandingkan bagian depan tujuannya agar pengambilan telur tersebut lebih mudah.

Ukuran

Selain memperhatikan jenis kandang yang tepat, Anda harus menyesuaikan ukuran kandangnya. Ukuran kandang tidak boleh terlalu sempit yang mana bisa membuat gerak ayam menjadi terbatas. Sebelum membeli DOC ayam ini, Anda bisa menyesuaikan berapa jumlah DOC yang akan dibeli dan sesuaikanlah dengan ukuran kandangnya. Jika DOC ayam yang Anda beli terlalu banyak akan menyebabkan desak-desakan. Oleh sebab itu jumlah DOC yang dibeli harus disesuaikan dengan ukuran kandang.

Tempat Makan dan Minum

Cara agar kandang ayam layer menjadi ideal adalah tempat makan dan minum harus dibuat bertingkat. Tempat makan dan minum yang bertingkat ini agar ayam tersebut mampu menjangkau makanan dan minuman dengan mudah. Untuk makanannya bisa diletakkan di bagian bawah sedangkan minumannya harus berada di atas. Tempat makan dan minum ini harus selalu Anda pantau setiap harinya agar tidak ada minuman yang tercampur dengan bakteri. Jika ayam mengonsumsi minuman yang tercampur dengan bakteri maka akan mudah terkena masalah pencernaan.

Baca juga : 5 Tips Pemberian Pakan Ayam Layer

Pertukaran Udara yang Lancar

Salah satu syarat agar kandang ayam menjadi ideal adalah harus memiliki pertukaran udara yang lancar. Jangan membuat kandang tersebut menjadi pengap karena bisa menyebabkan nafsu makan ayam menjadi menurun. Jika nafsu makan sudah menurun akibatnya adalah ayam akan mudah terkena penyakit, dan hal tersebut akan merugikan bagi Anda. Ketika sudah terkena penyakit, risiko ayam untuk mengalami kematian lebih besar.

Sanitasi Kandang yang Baik

Agar kandang menjadi lebih ideal Anda harus menjaga sanitasinya dengan baik. Untuk mewujudkannya Anda harus membersihkan kandang setiap pagi dan sore, sedangkan satu minggu sekali harus dibersihkan dengan cara menyemprotkan cairan desinfektan yang mana bisa membunuh kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit pada ayam.

Penjemuran Kandang

Kandang yang lembap tidak akan bagus untuk tumbuh dan kembang ayam, oleh sebab itu harus dilakukan penjemuran terlebih dahulu agar kandang tersebut benar-benar kering dan tidak menimbulkan kelembapan berlebih. Selain itu kandang ayam yang terbuat dari bambu akan mudah sekali lembap, sehingga perlu dilakukan penjemuran.

Sesuaikan dengan Budget

Cara membuat kandang ayam jenis layer yang ideal adalah harus disesuaikan dengan budget. Ada beberapa tipe kandang yang ideal untuk ayam layer, dan terdiri dari bahan yang berbeda. Bahan tersebutlah yang berpengaruh terhadap biaya yang Anda keluarkan. Agar biaya tidak terlalu membengkak, Anda harus sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Baca juga : Ayam Menjadi Produktif & Telurnya Berkualitas Tinggi Nutrisi

Demikianlah beberapa tips yang harus Anda perhatikan ketika membuat kandang ayam layer yang ideal, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *