Pemilihan DOC Broiler dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Daging

DOC Broiler
DOC Broiler

Selain telur, daging ayam merupakan sumber protein yang bisa didapat dengan mudah sehari-harinya. Untuk mendapatkan daging ayam dengan kualitas sempurna, ayam pedaging harus dirawat sejak ia masih DOC broiler hingga sudah siap untuk dipotong dan dijadikan karkas ayam. Karkas ayam sendiri adalah potongan tubuh ayam yang sudah dibului dan dipotong kepala dan kakinya, serta dibersihkan jeroannya. Kita juga harus memastikan kalau daging ayam yang dikonsumsi didapat dari tempat pemotongan ayam atau peternakan dengan proses pengendalian mutu terbaik. Hal ini untuk menghindari konsumsi daging ayam yang ternyata tidak layak untuk dikonsumsi.

Untuk mendapatkan karkas ayam dengan daging tebal, peternak biasanya menerapkan program pemberian pakan yang tepat pada DOC broiler. Pemberian pakan dengan takaran yang tepat, gizi yang seimbang, dan pemberian pakan yang terjadwal akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan DOC ayam broiler sehingga menjadi ayam broiler yang mempunyai karkas besar dan berdaging banyak. Selain karkas besar dan daging yang banyak, daging ayam yang dikonsumsi haruslah daging segar yang berasal dari ayam sehat yang baru dipotong. Untuk mendapatkan daging ayam yang masih segar, kita pun harus mengetahui ciri-ciri daging ayam segar yang layak konsumsi, seperti warna daging ayam yang berwarna cerah dan tidak memiliki aroma menyengat.

Baca juga : 3 Tips Budidaya Ayam Broiler Supaya Berhasil Bagi Pemula

Dagiing karkas ayam yang berkualitas ini biasanya didapatkan dari ayam yang dipelihara sejak menjadi DOC broiler. Agar ayam broiler menghasilkan daging yang berkualitas, para pedagang pun harus memilih bibit ayam broiler yang terbaik. Dalam memilih DOC ayam broiler yang berkualitas, para peternak harus mengetahui ciri-ciri DOC ayam broiler dengan kualitas super. Berikut adalah ciri-ciri DOC ayam broiler kualitas super:

  1. Berat badan DOC ayam broiler berkisar antara 35 ÔÇô 40 gram
  2. DOC ayam broiler memiliki warna yang cerah, putih kekuningan
  3. Paruh serta kaki berwarna kuning cerah
  4. Tidak memiliki cacat bawaan
  5. Suara nyaring
  6. Lincah dan gesit
  7. Berasal dari perusahaan pembibitan yang populer dan sudah berpengalaman

Dengan pemilihan DOC ayam broiler yang berkualitas serta dikombinasikan dengan perawatan ayam dengan pengendalian mutu terbaik, daging ayam yang dihasilkan pun akan berkualitas baik sehingga layak untuk dikonsumsi.

Baca juga : Cara Mengaturan Kandang Ayam Untuk DOC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.