3 Tips Budidaya Ayam Broiler Supaya Berhasil Bagi Pemula

Tips Budidaya Ayam Broiler
Tips Budidaya Ayam Broiler

Ayam Broiler disebut juga dengan ayam pedaging. Ayam ini bisa tumbuh dengan cepat dan tubuhnya akan bisa menghasilkan daging dengan waktu yang cepat. Dalam waktu 4 sampai dengan 5 minggu saja Anda sudah bisa memanen ayam Anda tersebut. Permintaan daging ayam yang semakin meningkat dari waktu ke waktu membuat bisnis ayam potong atau ayam broiler ini semakin menggiurkan. Di saat ramadhan, idul fitri atau di saat banyak pesta pernikahan permintaan akan ayam potong ini akan meningkat. Meski terlihat menggiurkan namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat budidaya ayam broiler ini.

Baca juga : Perawatan Kandang Ayam Broiler Untuk Mendapatkan Daging Sehat

Cara Budidaya Ayam Broiler yang Tepat

Budidaya yang salah akan menghasilkan daging unggas ayam yang tidak berkualitas. Perawatan yang salah justru akan membuat ayam menjadi cacat, penyakitan atau mati. Jika sudah begitu bukan hal yang tidak mungkin peternakan yang Anda jalankan akan mengalami kerugian. Oleh sebab itu lakukanlah cara budidaya ayam broiler yang tepat berikut ini:

Kondisi Teknis

Budidaya ayam broiler pertama yang harus Anda perhatikan adalah kondisi teknis yang meliputi lokasi kandang, pergantian udara yang ada di dalam kandang, kemudahan dalam mendapat sarana produksi dan yang terakhir adalah suhu udara yang ada di dalam kandang. Lokasi kandang yang ideal adalah jauh dari pemukiman penduduk, mudah dijangkau dengan sarana transportasi, memiliki sumber daya air yang bersih dan cukup, membujur dari timur ke barat.

Mencukupi Kebutuhan Pakan

Anda harus memperhatikan kebutuhan pakan ayam ternak Anda. Pakan ayam yang baik adalah yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Jika Anda memberikan nutrisi itu semua kepada ayam ternak Anda maka berat badan ayam pun akan meningkat pesat.

Baca juga : Bagaimana Cara Mengolah Potongan Karkas Ayam yang Sehat?

Vaksinasi

Agar bisa menghindari dari berbagai macam penyakit, Anda bisa melakukan vaksinasi kepada ayam Anda. Vaksinasi ini adalah dengan memasukkan bibit penyakit yang telah dilemahkan sehingga tubuh ayam bisa menciptakan kekebalan alami. Hal yang paling ditakutkan jika tidak diberikan vaksin secara lengkap adalah ayam akan  terkena penyakit.

Mengapa Bibit Ayam Broiler Berkualitas Penting?

Supaya tidak gagal dalam peternakan ayam ini Anda harus memilih bibit ayam yang berkualitas.  Alasan mengapa bibit ayam berkualitas ini penting dikarenakan dari bibit yang berkualitas akan menghasilkan daging yang berkualitas pula. Selain itu bibit ayam yang tidak berkualitas rentan terhadap penyakit sehingga kemampuan untuk survive semakin rendah. Berbeda dengan bibit ayam yang berkualitas dia akan bisa survive terhadap berbagai macam penyakit terlebih lagi jika sudah di vaksin, kemampuan survivenya semakin tinggi.

Pentingnya Mengonsumsi Daging Ayam Broiler

Untuk kesehatan tubuh, daging ayam ini memiliki peran yang penting. Daging ayam broiler yang baik dan bermutu tinggi bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, pengganti sel tubuh yang rusak sehingga mudah beregenerasi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, memperkuat otot, menjaga kesehatan tulang dan masih banyak lagi lainnya. Semua manfaat tersebut hanya akan bisa didapatkan jika mengonsumsi daging ayam yang berkualitas.

Baca juga : Hal Penting Harus Diperhatikan dalam Pemberian Pakan Ayam Broilers

Agar bisa menjadi peternak ayam broiler yang sukses, Anda bisa melakukan cara budidaya ayam broiler yang telah dijelaskan diatas secara teratur dan telaten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *