Cara Mengaturan Kandang Ayam Untuk DOC

Mengaturan Kandang Ayam
Mengaturan Kandang Ayam

Pembuatan kandang ayam DOC mempunyai sistem pengaturan kandang sendiri mulai dari proses penetasan ayam sampai dengan kandang untuk proses pertumbuhan DOC. Proses pertumbuhan DOC ini harus selalu diperhatikan karena DOC masih sangat sensitif dengan perubahan suhu dan cuaca. Maka dari itulah, pembangunan kandang ayam DOC harus memiliki sistem manajemen kandang yang baik. Selain untuk melindungi DOC dari perubahan suhu lingkungan, kandang ayam DOC juga dibuat untuk melindungi DOC dari gangguan binatang pemangsa. Kandang ayam DOC juga berfungsi sebagai tempat tumbuh kembang DOC hingga besar. Ini kenapa, selain bersih dan aman kandang ayam DOC haruslah dibuat agar DOC nyaman ketika berada dalam kandang sehingga proses tumbuh kembang DOC bisa berjalan secara optimal.

Kandang ayam DOC harus mempunyai cukup ruang agar DOC bisa bergerak bebas. Kandang ayam DOC yang terlalu padat tidak akan mempunyai sirkulasi udara yang baik sehingga udara segar sulit untuk didapatkan oleh DOC. Kandang ayam DOC yang terlalu padat juga akan menambah kelembapan dalam kandang sehingga suhu di dalam kandang pun akan meningkat. Suhu dalam kandang ayam DOC sebaiknya berkisar antara 25 ÔÇô 33 derajat celcius. Suhu ini harus tetap stabil karena tubuh DOC belum bisa menghasilkan suhu yang dibutuhkan tubuhnya, dan DOC pun belum mampu bertahan dalam suhu panas.

Baca juga : Panduan Sederhana Mengenai Pemeliharaan DOC Ayam Kampung

Bangunan kandang ayam DOC juga harus diperhatikan mulai dari bahan pembuatan kandang hingga konstruksi kandang. Kandang ayam DOC bisa dibuat dari triplek, papan kayu cor, atau pun bambu. Untuk pembuatan atap kandang, bahan-bahan yang bisa dipilih adalah terpal, ijuk, seng, rumbai, dan asbes. Sedangkan untuk dinding kandang ayam DOC bisa menggunakan anyaman bambu, bilah bambu, ram kawat, atau triplek. Untuk lantai kandang ayam DOC lebih baik dibuat datar atau rata agar DOC mudah berdiri dan berjalan. Lantai kandang ayam DOC bisa terbuat dari semen yang dilapisi dengan serbuk gergaji, sekam padi, dan kapur dengan ketinggian 5 cm.

Untuk memelihara DOC dibutuhkan peralatan yang harus disediakan di dalam kandang ayam DOC seperti tempat pakan, tempat minum, dan pemanas ruangan.

  1. Tempat Pakan

Tempat pakan dalam kandang ayam DOC dalam satu kandang dapat diletakkan dengan perhitungan 20 ekor DOC untuk 2 tempat pakan, dalam artian satu tempat pakan dapat menampung 10 ekor DOC. Untuk DOC yang berumur 1 ÔÇô 7 hari, biasanya digunakan nampan untuk tempat pakan DOC.

 

  1. Tempat Minum

Air minum untuk kandang ayam DOC haruslah air bersih agar DOC tidak mudah terserang virus penyakit. Selain air, tempat minum DOC juga harus bersih. Air beserta tempat minum paling tidak harus dibersihkan 2 hari sekali dan jika perlu direndam dengan desinfektan untuk menjamin tempat pakan dan minum DOC benar-benar steril dan bebas kuman, bakteri dan virus penyakit.

 

  1. Pemanas Ruangan

Karena biasanya kandang ayam DOC terpisah dari kandang induknya, maka DOC butuh bantuan penghangat ruangan agar tubuhnya tetap hangat. Sumber panas yang dapat menggantikan tugas induk DOC adalah lampu pijar berdaya 25 ÔÇô 60 watt, tapi ini juga disesuaikan dengan kebutuhan suhu ideal per umur DOC.

Baca juga : Ternak Ayam Kampung Yang Berkualitas dan Sehat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.