Plus Minus Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang

Hasil Ternak Ayam

Banyak orang bertanya-tanya mungkinkah ternak ayam petelur tanpa kandang?. Jawabannya tentu saja mungkin. Seperti yang kita ketahui, ayam petelur dibudidayakan memang untuk diambil telurnya. Namun tak menampik kemungkinan jika ayam petelur juga bisa diambil dagingnya untuk kebutuhan konsumsi. Jika dibandingkan dengan ayam buras atau ayam kampong, cara beternak ayam petelur terkesan lebih susah karena selain kandangnya yang harus didesain secara rapi dan bersih, perawatan dan makanannya pun juga harus diperhatikan agar kematian ayam bisa ditekan guna menghindari kerugian dalam beternak.

Pengertian Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang

Bagi Anda yang hendak beternak ayam petelur dengan jumlah ayam yang tidak terlampau banyak, menghilangkan penggunaan kandang juga bisa jadi rekomendasi paling bagus untuk menghemat anggaran Anda. Metode ini dikenal dengan cara beternak ayam petelur dengan metode umbaran. Metode ini merupakan metode yang sering digunakan oleh mereka yang hidup di desa, namun tak menampik kemungkinan bagi mereka yang hidup di kota dan memiliki lahan yang cukup, metode ternak ayam dengan sistem umbaran ini juga dapat diimplementasikan.

Baca Juga : Kelebihan Bisnis Ternak Ayam Layer

Manfaat Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang

Bagi Anda yang baru kali ini mencoba ternak ayam petelut tanpa kandang,  berikut ini manfaat yang dapat Anda peroleh dari metode ini :

  1. Telur dan Daging Lebih Sehat

Percaya tidak percaya, bahwa dengan metode umbaran ini, ternak ayam dapat menghasilkan daging dan telur yang lebih alami, dan bebas dari pengaruh pengawet maupun zat suntik ayam. Hal tersebut karena cara berternak ayam masih bersifat alami dan kondisi ayam dalam keadaaan fit dan tidak stress, sehingga telur yang dihasilkan juga akan lebih produktif, sehat dan berkualitas.

  1. Ayam Petelur Lebih Lincah

Sama halnya ayam hutan dan ayam di kurung di dalam kandang. Ayam petelur yang diternak tanpa kandang akan lebih leluasa menyesuaikan geraknya, sehingga akan lebih lincah, sehat dan produktif jika dibandingkan dengan ayam- ayam yang dikurung di dalam kandang khusus. Metode pencarian makanannyapun lebih leluasa, biasanya mereka akan mengais tanah sendiri untuk mendapatkan makanan yang mereka mau. Dengan menunjukkan sifat alaminya ini,  ayam akan lebih segar, sehat dan terhindar dari stress.

  1. Hemat Pakan

Salah satu hal yang membuat ternak ayam petelur tanpa kandang ini recommended adalah karena pakannya yang hemat. Dengan mengumbar ayam, maka bisa dipastikan jika pakan yang akan Anda habiskan untuk kebutuhan ayam petelur ini akan menjadi lebih hemat. Secara otomatis, pengeluaran Anda untuk membeli pakan ayam dapat ditekan dan anggaran ternak ayam dapat dihemat.

Baca Juga : Tips dan Cara Ternak Ayam Petelur Tanpa Kandang

Kerugian

Terlepas dari keuntungan yang diberikan dari ternak ayam petelur tanpa kandang ini, terdapat pula kerugian yang ada. Kerugiannya terletak pada penyakit yang disebabkan oleh cuaca yang tidak menentu. Ketika cuaca tidak menentu maka akan menyebabkan ayam memiliki daya tahan tubuh yang rendah yang berujung pada kematian induk maupun anak ayam. Sedangkan kita tahu bahwa penyebaran penyakit ayam memang sangat cepat sekali sehingga bisa saja menular ke sesama ayam peliharaan Anda.

Nah, jika Anda memutuskan untuk menjalankan usaha ternak ayam petelur tanpa kandang, pastikan jika Anda juga selau menjaga kesehatan ayam. Untuk menghindari dari cuaca yang tak menentu, Anda bisa memberikan campuran vitamin atau vaksin khusus ayam yang dicampurkan ke dalam makannya Hal tersebut tentu dapat memperkuat stamina ayam itu sendiri agar tidak mudah sakit.

Baca Juga : Tips Memilih Pakan Ayam Layer yang Wajib Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *