5 Pencegahan Penyakit Ayam Broiler

Pencegahan Penyakit Ayam Broiler

Penyakit ayam broiler beragam. Ada beberapa penyakit ayam tersebut yang tidak bisa diobati dan berakibat ke kematian. Semakin banyak ayam yang mati akan merugikan peternak sebab hanya ada sedikit ayam yang bisa dipanen. Menjual ayam dalam keadaan sakit pun akan membuat harganya menjadi menurun drastis. Oleh sebab itulah penyakit pada ayam ini harus dihindari. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan peternak untuk mencegah penyakit tersebut. Selain mengetahui pencegahannya, peternak harus tahu ciri-ciri ayam yang terkena penyakit supaya bisa mengatasi penyakit tersebut secara dini. Mengatasi penyakit ayam secara terlambat bisa menyebabkan penularannya semakin cepat terutama jika disebabkan oleh virus.

Tips Mencegah Penyakit Ayam Broiler

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan peternak untuk mencegah penyakit ayam ini. Simak beberapa cara mencegah penyakit ayam broiler yang penting dilakukan berikut ini:

Memberikan Pakan Bernutrisi

Salah satu cara untuk mencegah penyakit ayam jenis broiler adalah memberikan pakan bernutrisi. Setiap periode ayam memiliki nutrisinya masing-masing. Peternak harus bisa memenuhi nutrisi pada setiap periode ayam tersebut. Misalnya nutrisi pada periode starter berbeda dengan grower dan juga finisher. Pakan bernutrisi ini tidak hanya membuat tumbuh dan kembang ayam meningkat pesat, namun juga berguna sebagai pencegahan penyakit.

Baca juga : Cara Budidaya Ayam Broiler Organik dan Kelebihannya

Jaga Kebersihan Kandang

Tips mencegah penyakit selanjutnya adalah selalu menjaga kebersihan kandang. Ayam broiler akan menghabiskan seluruh waktunya di kandang oleh sebab itu kebersihan kandang ini harus terjaga dengan baik. Bersihkan kandang tiap pagi dan sore hari. Terlalu banyak kotoran ayam di dalam kandang akan membuat kadar amonia menjadi tinggi. Kadar amonia yang tinggi ini akan membuat nafsu makan ayam menjadi menurun. Jika nafsu makannya menurun maka bisa menyebabkan kesehatan ayam tidak stabil, karena pakan ini menjadi faktor penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran ayam.

Hindari kandang yang lembap

Untuk membuat ayam tetap sehat dan terhindar dari penyakit hindarilah kandang yang lembap. Kandang yang lembap ini menjadi salah satu faktor penyebab ayam broiler mudah terkena penyakit. Saat musim penghujan menjadi sangat rawan bagi peternak yang membudidayakan ayam broiler sebab selain membuat kondisi kandang menjadi lembap, penyakit yang disebabkan oleh virus menjadi mudah menyebar dengan cepat.

Vaksin

Mencegah penyakit ayam broiler yang tidak boleh dilupakan adalah pemberian vaksin. Vaksin ini berguna untuk mencegah penyakit ayam potong atau pedaging yang tidak bisa disembuhkan. Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Jenis vaksin ayam ini beragam, sehingga peternak harus tahu jenis vaksin dan kapan waktu yang tepat untuk pemberian vaksin tersebut.

Vitamin

Cara mencegah penyakit ayam broiler selanjutnya adalah meningkatkan sistem imun pada ayam broiler dengan memberikan vitamin. Ayam yang rutin diberikan vitamin akan lebih sehat dan lincah dibandingkan yang tidak diberikan vitamin samasekali.

Ciri Ayam Penyakitan

Selain mengetahui bagaimana cara mencegah penyakit ayam yang harus diperhatikan peternak adalah seperti apa ciri ayam yang penyakitan. Berikut ini adalah ciri-ciri ayam penyakitan yang wajib diketahui peternak:

  1. Letih dan lesu sehingga ayam lebih banyak berdiam diri di satu tempat.
  2. Mata dan hidung berair.
  3. Tidak nafsu makan.
  4. Bulu ayam kusam.
  5. Jalan sempoyongan.
  6. Kotoran berwarna hijau.
  7. Sayap menggantung.

Baca juga : Meningkatkan Kualitas Karkas Ayam Broiler dengan Tepat

Mengetahui penyakitnya sejak dini berguna untuk mencegah penularan ke ayam yang sehat. Kebanyakan penularan dari penyakit ayam broiler ini sangat cepat sehingga membutuhkan kejelian peternak dan dibutuhkan tindakan lebih lanjut supaya tidak semakin banyak ayam yang terkena penyakit tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *