Cara Inovatif Meningkatkan Mutu Karkas Ayam

mutu karkas ayam

4 Cara Inovatif Meningkatkan Mutu Karkas Ayam Broiler

Daging ayam broiler atau potong memang banyak dicari oleh konsumen untuk digunakan sebagai bahan dasar berbagai masakan. Saat membeli daging ayam broiler, konsumen tentu menginginkan kualitas terbaik. Berkualitas atau tidaknya daging karkas ayam yang dijual tentu bergantung dari proses pemeliharaannya oleh peternak.

Jika pemeliharaannya buruk, maka kualitas daging karkas ayam yang dihasilkan pun rendah. Sebaliknya, apabila proses pemeliharaannya baik, maka kualitas daging karkas ayam yang dihasilkan pun tinggi. Sebenarnya, ada beberapa cara inovatif meningkatkan mutu karkas ayam broiler. Namun, sebelumnya Anda perlu mengetahui kriteria karkas ayam broiler yang berkualitas.

Kriteria karkas ayam broiler yang berkualitas

  • Tidak cacat

Karkas ayam broiler dikatakan berkualitas tinggi apabila tidak ditemui kecacatan pada seluruh bagian dagingnya. Sebaliknya, karkas ayam yang berkualitas rendah dapat diketahui dari banyaknya kecacatan pada bagian-bagian daging tertentu. Daging karkas ayam yang berkualitas rendah tentu mengalami penurunan mutu sehingga akan berpengaruh pada rasa saat dimasak.

  • Nutrisi masih utuh

Anda tentu sudah tahu bahwa daging dengan nutrisi masih utuh jauh lebih baik untuk dikonsumsi. Sebaliknya, daging yang sudah mengalami banyak penyusutan nutrisi kurang baik bila dikonsumsi. Jadi, pilihlah daging karkas ayam yang mengalami sedikit penyusutan karena itu berarti nutrisinya masih utuh terjaga.

  • Tidak menyusut saat dimasak

Salah satu kriteria karkas ayam berkualitas tinggi adalah dagingnya tidak menyusut saat dimasak. Bukanlah rahasia umum, jika banyak daging karkas ayam potong dan broiler yang mengalami penyusutan ketika dimasak. Dengan demikian, bobot daging karkas ayam tersebut jauh mengalami penurunan.

Cara inovatif meningkatkan mutu karkas ayam broiler

  • Menggunakan probiotik yang sesuai

Ada banyak sekali jenis probiotik yang dijual di pasaran. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis probiotik tersebut bagus untuk diberikan kepada ayam. Jadi, Anda pun harus jeli untuk memilih jenis probiotik yang akan diberikan kepada ayam. Apabila ternyata probiotik yang Anda berikan menimbulkan efek seperti diare, muntah dan kembung pada ayam, maka segera hentikan konsumsinya.

  • Pakan yang maksimal

Pemberian pakan yang maksimal dapat meningkatkan kualitas karkas ayam broiler. Kali ini, Anda harus mengetahui nutrisi apa saja yang diperlukan ayam pada setiap periodenya sehingga tumbuh kembangnya berjalan optimal. Selain itu, awasi juga proses pemberian pakannya untuk memastikan distribusinya merata ke seluruh ayam broiler.

Baca Juga : 5 Jenis Pakan Ayam Broiler Berkualitas Tinggi

  • Menggunakan daun katuk

Logikanya adalah semakin berkualitas daging karkas ayam broiler maka harganya juga lebih mahal. Salah satu cara inovatif meningkatkan mutu karkas ayam broiler adalah dengan menggunakan daun katuk. Caranya adalah dengan mengambil sari daunnya kemudian dicampurkan ke dalam minuman ayam. Bukan hanya untuk ibu menyusui, ternyata daun katuk juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas karkas ayam broiler.

  • Hindari kekerdilan

Anda harus mencegah resiko terjangkit penyakit kerdil pada ayam broiler. Hal ini bertujuan agar nilai jual karkas ayam tetap stabil. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir resiko penyakit kerdil pada ayam. Pertama, pilihlah bibit ayam yang benar-benar berkualitas karena salah satu penyebab penyakit kerdil adalah cacat genetik. Kedua, jagalah kebersihan kandang ayam agar terbebas dari berbagai macam virus yang membawa penyakit.

Supaya menghasilkan daging yang berkualitas, maka Anda harus meningkatkan kualitas dari karkas ayam broiler tersebut. Hal ini dikarenakan karkas ayam broiler yang berkualitas sudah pasti akan menghasilkan daging dengan kualitas tinggi. Begitu pun sebaliknya, karkas ayam broiler yang kurang berkualitas tentu akan menghasilkan daging dengan kualitas rendah. Agar kulitas daging meningkat, keempat cara inovatif meningkatkan mutu karkas ayam di atas dapat Anda terapkan.

Baca Juga : Tips Cara Penyimpanan Karkas Ayam yang Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *